Kompas.com - 19/04/2021, 10:35 WIB
Ilustrasi bank Thinkstockphotos.comIlustrasi bank

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan lalu, ramai pemberitaan mengenai PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI yang bakal segera mengalihkan operasional mereka di Provinsi Aceh.

Hal itu karena tenggat waktu penerapan Qanun Nomor 11 Tahun 2018 yang kian dekat. Aturan itu mengharuskan setiap lembaga keuangan di Serambi Mekah untuk menerapkan prinsip syariah.

Lembaga keuangan pun diberi waktu tiga tahun untuk melakukan transisi sejak aturan tersebut diundangkan. Artinya, mereka masih memiliki waktu hingga awal tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Mengenal Hukum Lembaga Keuangan Syariah yang Buat BRI Pamit dari Aceh

Selain BRI, beberapa bank lain pun telah melakukan transisi dan menutup operasional mereka di Aceh. Bank-bank tersebut yakni:

1. CIMB Niaga

CIMB Niaga sudah lebih dahulu pamit dari Aceh dibanding BRI. Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, kantor cabang bank tersebut telah menjadi kantor cabang syariah sejak tahun 2019. Secara keseluruhan, ada dua kantor cabang yang dimiliki oleh CIMB Niaga di Aceh. Keduanya berlokasi di Aceh dan di Lhoksumawe.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Cabang kami di Aceh sudah menjadi Cabang Syariah sejak 2019. Jadi tidak perlu lagi konversi dan beroperasi penuh cabang Syariah," ujar Lani kepada Kompas.com, Minggu (19/4/2021).

2. BNI

Bank pelat merah lain yang juga segera pamit dari Aceh adalah BNI. Pada kesempatan terpisah, Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati menjelaskan, saat ini sudah ada 26 kantor cabang konvensional yang telah diubah menjadi kantor cabang pembantu Bank Syariah Indonesia (BSI).

"Dengan demikian, kantor konvensional BNI di Aceh saat ini tinggal enam cabang konvensional," ujar Adi kepada Kompas.com.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X