Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir "Haramkan" Pertamina Punya Saham di Pertashop

Kompas.com - 19/04/2021, 10:40 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan akan membangun 1.000 Pertashop di pesantren sepanjang tahun 2021 ini. Tahun berikutnya, menjadi dua kali lipat yakni 2.000.

Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengatakan, seluruh pebisnis daerah atau pengelola pesantren bisa membuka peluang membuka Pertashop .

Bahkan Erick mengharamkan Pertamina memiliki saham di Pertashop.

"Saya putuskan, Pertamina tidak boleh punya saham 1 persen pun. Pertashop harus diberi kepada pengusaha daerah ataupun pesantren," tandas Menteri BUMN Erick dalam gelaran Milenial Fes x PPI Belgia secara virtual Minggu (18/4/2021)

Baca juga: Selain BRI, 4 Bank Ini Juga Pamit dari Aceh

Menurut Erick, pembangunan 1.000 Pertashop di pesantren berpotensi membuka lapangan kerja di daerah. Harapannya: ini bisa menggenjot geliat ekonomi lokal.

Untuk itu, pemerintah mendorong kerja sama Pertamina (Persero) dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) untuk memfasilitasi program tersebut.

Sebagai Menteri BUMN yang juga Ketua Umum MES Erick melihat ada potensi pembukaan lapangan kerja dalam pembangunan Pertashop, selain kesempatan membuka bisnis bahan bakar minyak di daerah.

Baca juga: Sedang Tak Buka Franchise, Ini Skema Kemitraan dengan KFC

Makanya, Pertashop nanti akan dibangun di sejumlah daerah tidak akan dikuasai Pertamina. Meskipun, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini itu merupakan kemitraan antara Pertamina dan pengusaha lokal.

Beberapa waktu yang lalu, Kementerian BUMN meresmikan satu Pertashop di Pondok Pesantren Surusunda, Karangpucung, Cilacap. Saat itu, Erick menyebut ada pengusaha lojal dengan usia baru 34 tahun sudah berani membuka bisnis BBM dan berharap Pertashop menjadi sumber mata pencahariannya. (Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana)

Baca juga: Cara Buka Pertashop, Berapa Modalnya, dan Persyaratannya

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Menteri BUMN Erick haramkan Pertamina punya saham di Pertashop

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com