[KURASI KOMPASIANA] Ada Harapan untuk Pendidikan Perempuan Lebih Baik

Kompas.com - 19/04/2021, 11:14 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

KOMPASIANA---Stigma yang timbul di masyarakat terhadap pendidikan bagi perempuan dinilai menjadi kendala untuk perempuan bisa mengembangkan diri.

Perempuan yang memiliki bakat dan mimpi, misalnya, akan terhambat akibat stigma yang ditimbulkan oleh masyarakat.

Oleh karena itu, jika perempuan diberi opsi yang lebih baik atas pendidikan maka akan terbuka juga pilihan untuk mereka bisa berkarier.

Apakah kesempatan itu ada dan tersedia bagi kaum perempuan? Adakah hambatan yang didapatkan?

1. Ketakutan Berlebihan Orangtua dan Hak Pendidikan Perempuan

Kompasianer Nita Kris Noer bertemu dengan seorang siswi SMA yang tertunduk lemas ketika menyadari bahwa ia tidak bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang perkuliahan.

"“Tidak tahu, Bu Nita, besok saya diijinkan kuliah atau tidak!" kata siswi tersebut, seperti yang dituliskan Kompasianer Nita Kris Noer.

Mempersiapkan mental orang tua untuk memberi kesempatan anak dalam berjuang mencapai cita-cita merupakan hal penting.

Tetapi, tulis Kompasianer Nita Kris Noer, ketakutan yang berlebihan terkadang membuat orang tua akan memiliki rasa khawatir akan berujung pada pemberian batasan yang terkadang tidak masuk akal.

"Orang tua perlu sekali mengantisipasi hal ini jauh-jauh hari agar anak-anak bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk bekal masa depan mereka di kemudian hari," tulisnya. (Baca selengkapnya)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X