Sri Mulyani: Anggaran Covid-19 Capai Rp 130 Triliun, Setara Bangun 9.352 Km Jalan

Kompas.com - 19/04/2021, 11:28 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020). BPMI SetpresMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Sabtu (21/11/2020).
Penulis Mutia Fauzia
|
 

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan pemerintah mengalokasikan anggaran hingga Rp 130,3 triliun sebagai anggaran vaksinasi dan penanganan Covid-19.

Penanganan tersebut meliputi perawatan, testing, dan tracing Covid-19.

Melalui akun instagramnya, @smindrawati, Sri Mulyani mengatakan anggaran tersebut sangat besar. Dengan nilai yang sama, anggaran tersebut bisa digunakan untuk pembangunan 9.532 km jalan, atau 293.222 meter jembatan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Baca juga: Satu Tahun Covid-19 di Indonesia: Bongkar Pasang Anggaran untuk Pulihkan Ekonomi

"Dana yang sangat besar. Dana ini setara dengan pembangunan 9.352 km jalan atau pembangunan 293.222 meter jembatan, atau pembangunan 67.708 unit sekolah," ujar Sri Mulyani seperti dikutip dari akun instagramnya, Senin (19/4/2021).

Dana yang sama, menurut Sri Mulyani, setara dengan 254 kali renovasi Masjid Istiqlal, juga bisa digunakan untuk merenovasi Gelora Bung Karno sebanyak 50 kali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Inilah bentuk keseriusan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 karena ini tidak hanya menyangkut hidup manusia, tapi juga keberlangsungan pembangunan negara Indonesia," ujar dia.

Namun demikian, ia menekankan pentingnya keseriusan seluruh masyarakat dalam menjaga disiplin kesehatan. Sebab, bila hal itu tidak dilaksanakan maka nominal anggaran Covid-19 yang besar tersebut tidak bisa dirasakan secara maksimal manfaatnya.

Baca juga: Jokowi dan Sri Mulyani Pernah Beri Peringatan untuk Pelaku Korupsi Anggaran Covid-19

Baik untuk masyarakat yang telah divakasinasi atau pun belum, Sri Mulyani mengatakan, masyarakat tetap harus waspada terhadap penyebaran Covid-19.

"Kita tetap patuhi protokol kesehatan dan terapkan 3M!," ujar dia.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.