Cuan di Tengah Pandemi, Toko Bahan Kue asal Malang Ini Mampu Jual Ribuan Produk

Kompas.com - 19/04/2021, 13:57 WIB
Meski pandemi Covid-19 memberi dampak yang cukup besar bagi pengusaha, Susan mengaku, bisnis secara online merupakan salah satu kunci untuk tetap bertahan. Dok. Shopee Meski pandemi Covid-19 memberi dampak yang cukup besar bagi pengusaha, Susan mengaku, bisnis secara online merupakan salah satu kunci untuk tetap bertahan.

KOMPAS.com - Era digital memberi peluang yang menjanjikan untuk menjalankan bisnis online. Bahkan, kini bisnis berbasis digital kian ngetren sampai bisa dijadikan sebagai sumber mata pencaharian.

Meski demikian, memulai bisnis online punya tantangan tersendiri. Sebelumnya, beberapa hal harus dipahami agar bisnis berjalan lancar. Penjual mesti mempertimbangkan mulai dariproduk, stategi promosi, hingga pemilihan platform e-commerce yang tepat.

Bagi sejumlah orang, hal itu bisa jadi kendala, utamanya bagi ibu rumah tangga yang belum familiar dengan alur bisnis online.

Hal yang sama juga dialami oleh Susan Dewi, pemilik toko bahan kue Susandewiksu yang berhasil mendigitalisasi usaha lewat platform e-commerce.

Baca juga: Shopee: UMKM Alami Peningkatan Penjualan hingga Lima Kali Lipat dalam Program 4.4 Mega Shopping Day

Perempuan asal Malang, Jawa Timur, itu memulai bisnis toko bahan kue sejak 2018. Berbekal ilmu food science yang dipelajari saat kuliah, Susan memberanikan diri memulai usaha toko bahan kue dari garasi rumahnya.

Namun demikian, awalnya ia tidak paham cara untuk memulai bisnis secara online.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berkat dorongan sang suami yang bekerja di bidang digital marketing, Susan akhirnya memutuskan bermigrasi dari toko offline ke online.

Baca juga: Fokus Berjualan Daring Selama Pandemi, Merek Sneakers Asal Klaten Tembus Pasar Global

Dari suami pula Susan punya pemahaman mengenai tren potensi bisnis digital. Ia mulai paham bahwa Indonesia dan negara lain kini mulai mengadopsi sistem bisnis dari offline ke online lewat platform e-commerce.

“Kesempatan (bisnis online) yang ada harus dilanjutkan dengan taking action, yaitu mencoba,” ujar Susan dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Adapun suaminya mendaftarkan toko bahan kue Susan tersebut ke e-commerce Shopee. Saat pertama kali memulai bisnis online, imbuh Susan, pihaknya tidak memiliki nama untuk dijadikan brand toko.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.