YDBA Beri Pembinaan untuk Para Perajin Cangkul di Klaten

Kompas.com - 19/04/2021, 16:59 WIB
Ilustrasi pandai besi yang memproduksi cangkul KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOIlustrasi pandai besi yang memproduksi cangkul

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus melakukan pembinaan kepada para perajin cangkul di Klaten, Jawa Tengah.

Direktur PT Astra International Tbk sekaligus Ketua Pembina YDBA Gita Tiffany Boer mengatakan, inisiatif ini dilakukan karena YDBA melihat adanya potensi kebutuhan pasar, kompetensi, dan kreativitas serta komitmen UMKM pande besi dalam mengembangkan produk.

"Kami sangat bangga UMKM pandai besi di Klaten, Jawa Tengah, yang dibina YDBA sejak tahun 2018," ujar Direktur Astra sekaligus Ketua Pembina YDBA Gita Tiffany Boer dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Baca juga: Astra Group Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik lewat Proyek EV Smart Mobility

Sementara itu, Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro mengatakan, semua UMKM binaan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA), termasuk UMKM yang memproduksi alat pertanian, diharapkan dapat membawa hasil guna yang positif.

Karena itu, YDBA selalu siap memberikan pelatihan-pelatihan mengenai manajemen dan teknik produksi yang berkualitas agar hasil produksinya juga berkualitas.

Sementara itu, sejumlah pelaku usaha mengakui kehadiran YDBA sangat membantu mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti yang disampaikan oleh Supriyanto, pemilik Usaha Dagang Arum Sari, perajin cangkul di Dukuh Karangpoh, Desa Bonyokan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah.

Daerah ini sudah sejak lama sudah dikenal sebagai sentra pandai besi, penghasil alat-alat pertaian, terutama cangkul.

Supriyanto menjelaskan, setelah mendapatkan pelatihan dari YDBA, pola kerja di bengkelnya pun berubah. Prosesnya sistematis dan teratur, sehingga waktu produksi juga cepat.

“Dengan menerapkan itu, kami memiliki standar kualitas yang tetap untuk semua produk yang kami hasilkan. Kehadiran YDBA bukan bicara pada volume barang yang dihasilkan. YDBA mengajarkan kami menghasilkan produk berkualitas,” katanya.

Baca juga: Perajin Besi di Pulau Jawa DIpastikan Bisa Penuhi Kebutuhan Cangkul Nasional

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.