[TREN EDUKASI KOMPASIANA] "Reading Habit" pada Siswa | Pendidikan Perempuan dan Kesuksesannya | Mengatasi Ujian Bahasa Indonesia yang Sulit

Kompas.com - 19/04/2021, 17:17 WIB
Ilustrasi membaca buku Jetta ProductionsIlustrasi membaca buku

KOMPASIANA---Kita tahu bahwa budaya membaca di Indonesia termasuk yang paling rendah. Padahal, membaca itu merupakan inti dari pendidikan.

Belum lagi perkembangan teknologi yang telah mengubah banyak kebiasaan, termasuk anak-anak dalam menggunakan gadget, misalnya.

Oleh karena itu, adanya dampak langsung maupun tidak terhadap minat terhadap membaca anak.

Mudah sekali kita temui anak-anak jauh lebih banyak menghabiskan waktu di depan ponsel untuk bermain game ketimbang membaca, bukan?

1. Mewujudkan "Reading Habit" pada Siswa, Apa Saja Kiatnya?

Jika sekolah mampu membuat sebuah perpustakaan yang nyaman sekalipun, tampaknya tidak serta-merta bisa membuat siswa untuk mau berlama-lama di sana.

Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya agar terjadi keseimbangan antara keberadaan perpustakaan yang sudah bagus dengan kegemaran membaca para siswa.

Berdasarkan pengamatan Kompasianer I Ketut Suweca, setidaknya terdapat 4 kiat sederhana yang kiranya bisa membantu Kepala Sekolah, para guru, serta pengelola perpustakaan dalam membudayakan minat baca.

Pertama, tulisnya, guru bisa menjadi contoh agar siswa mau mengikutinya.

"Kalau guru ingin mendorong pada siswa suka membaca, maka ia harus berusaha menjadikan dirinya contoh yang baik dalam hal ini," lanjut Kompasianer I Ketut Suweca, menjelaskan. (Baca selengkapnya)

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X