Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zoom Kucurkan 100 Juta Dollar ke Aplikasi yang yang Gunakan Teknologinya

Kompas.com - 19/04/2021, 21:23 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Zoom Video Communications Inc mengatakan telah mengalokasikan dana 100 juta dollar AS untuk diinvestasikan di perusahaan perangkat lunak pemula yang membangun aplikasi menggunakan teknologinya.

Mengutip Reuters via Kontan.co.id, Senin (19/4/2021), konferensi video telah menjadi kebutuhan setiap rumah tangga selama pandemi karena bisnis dan sekolah bergeser ke platformnya, bersama dengan platform saingan seperti tim Microsoft Corps dan Cisco Systems Inc's Webex.

Chief Financial Officer Zoom Kelly Steckelberg mengatakan kepada Reuters bahwa dana tersebut akan dipakai untuk investasi antara 250.000 dollar AS dan 2,5 juta dollar AS ke dalam perusahaan yang membangun "Aplikasi Zoom" yang dihubungkan ke perangkat lunak konferensi video perusahaan untuk menambahkan fitur baru ke dalamnya.

Baca juga: Startup Logistik Shipper Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp 919 Miliar

Sementara perusahaan mapan seperti Salesforce.com Inc memiliki aplikasi Zoom yang dapat menampilkan informasi dari sistem perusahaan untuk diskusi selama rapat penjualan.

Steckelberg mengatakan Zoom ingin mendorong pengembang untuk membuat fungsi baru seperti papan tulis digital untuk membuat sketsa ide.

Dia mengatakan bahwa dana tersebut juga akan terbuka untuk perusahaan seperti penyedia aplikasi telemedicine atau pembuat perangkat keras ruang konferensi yang ingin memanfaatkan sistem video berbasis cloud Zoom.

Dana tersebut akan dijalankan dari neraca Zoom, bukan sebagai entitas modal ventura mandiri, dan tidak akan berusaha untuk mengambil kursi dewan di perusahaan tempat mereka berinvestasi.

"Ini akan sangat membantu berinvestasi pada pengembang pada tahap awal dan mendapatkan daya tarik pasar lebih awal," katanya kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

"Ini pasti akan menjadi investor strategis."

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Zoom kucurkan US$ 100 juta untuk diinvestasikan di aplikasi yang pakai teknologinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com