Bank Sentral Inggris Buka Kemungkinan Terbitkan Mata Uang Digital

Kompas.com - 20/04/2021, 12:11 WIB
Ilustrasi blockchain etty Images/iStockphoto/PeshkovIlustrasi blockchain


LONDON, KOMPAS.com - Bank sentral Inggris, Bank of England (BoF), serta Kementerian Keuangan setempat baru saja mengumumkan rencana untuk membentuk satuan tugas terkait kemungkinan pembentukan mata uang digital bank sentral (CBDC).

Dilansir dari BBC, Selasa (20/4/2021), tujuan dari pembentukan satuan tugas tersebut untuk mengamati risiko dan kesempatan yang mungkin terjadi bila uang digital tersebut terealisasi.

Rencananya, mata uang digital bank sentral tersebut akan diterbitkan untuk digunakan baik oleh rumah tangga dan pelaku usaha. 

Baca juga: Bank Sentral Jepang Mulai Lakukan Eksperimen Mata Uang Digital

Keberadaan uang tersebut tak akan menggantikan keberadaan uang tunai dan setoran bank.

Pihak bank sentral menilai, kemungkinan mengenai keberadaan mata uang digital yang diterbitkan langsung oleh mereka bisa mencegah risiko dari keberadaan beragam mata uang jenis baru.

Termasuk di dalamnya untuk menjadi pesaing mata uang kripto seperti Bitcoin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bila CBDC akan diperkenalkan, maka akan dalam bentuk poundsterling. Sehingga, 10 poundsterling CBDC nilainya akan sama seperti 10 poundsterling uang tunai," jelas bank sentral.

"CBDC kerap kali dianggap setara dengan uang kertas digital. Meski dalam beberapa hal, lebih banyak memiliki kemiripan dengan deposit bank," ujar mereka.

Baca juga: Simak, Ini Bocoran Mata Uang Digital Bank Sentral dari BI

Namun demikian, hingga kini belum ada keputusan pasti mengenai kemungkinan penerbitan mata uang digital oleh bank sentral Inggris.

Meski, pemerintah dan bank sentral ingin untuk bekerja sama dengan seluruh pembuat kebijakan mengenai kemungkinan dan praktik tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.