Modal Rakyat Gandeng Bukalapak Beri Modal ke UMKM hingga Rp 2 Miliar

Kompas.com - 20/04/2021, 14:25 WIB
Ilustrasi laporan keuangan. shutterstock.comIlustrasi laporan keuangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - BukaPengadaan salah satu anak usaha dari Bukalapak bekerjasama dengan Modal Rakyat untuk membuka peluang pembiayaan bagi usaha mikro, kecil menengah (UMKM) dalam jaringan ekosistem BukaPengadaan.

Pembiayaan yang diberikan merupakan jenis pembiayaan invoice financing atau PO financing. Adapun nominal pembiayaan per pinjaman mencapai Rp 2 miliar dengan durasi pinjaman (tenor) singkat yakni 2 hingga 3 bulan.

Direktur BukaPengadaan Hita Supranjaya mengatakan, melalui kerjasama ini, BukaPengadaan dan Modal Rakyat berkomitmen membantu UMKM agar dapat tumbuh tanpa harus khawatir dengan permasalahan cash flow yang terbatas, sehingga pertumbuhan bisnis dapat semakin berkembang pesat.

Baca juga: Bukalapak Dapat Suntikan Modal dari Mandiri Capital Indonesia

“BukaPengadaan berupaya memperkuat peran UMKM dalam sektor e-procurement. Kolaborasi ini memberikan tambahan pilihan pembiayaan bagi UMKM mitra BukaPengadaan, sehingga merupakan langkah yang sangat positif mendukung pertumbuhan UMKM yang ada di Indonesia agar dapat fokus mengembangkan usahanya,” tutur Hita dalam siaran pers, Selasa (20/4/2021).

Hita mengatakan, sejak dirilis tahun 2016, BukaPengadaan terintegrasi dengan marketplace Bukalapak yang menghubungkan BukaPengadaan dengan 6,5 juta pelapak untuk menawarkan ratusan juta produk.

Di tahun 2020, Buka Pengadaan ditunjuk sebagai mitra operator oleh LKPP yang bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas UMKM menjadi supplier untuk pengadaan pemerintah.

Selain itu, untuk membantu pemerintah dalam masa pandemi, BukaPengadaan juga ditunjuk bekerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) untuk mendistribusikan 50.000 bantuan ke seluruh Indonesia.

Selama pandemi, BukaPengadaan juga mencatat pertumbuhan 2 kali lipat untuk seluruh produk yang terjual.

Di sisi lain, Modal Rakyat tidak hanya fokus menyalurkan pembiayaan kepada satu ekosistem saja, tetapi juga berupaya menjangkau setiap ekosistem bisnis dan UMKM di Indonesia.

Co-Founder & Direktur Modal Rakyat Stanislaus Tandelilin mengatakan, kerjasama ini membuka peluang bagi setiap pelaku bisnis maupun produk untuk mengakses laman Modal Rakyat, baik secara langsung ataupun melalui mitra bisnis.

Baca juga: Eks Bos Bukalapak Suntik Dana Rp 72 Miliar ke Perusahaan Teknologi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X