Sebelum Mudik Dilarang, Tiket Kereta sampai 5 Mei Sudah Bisa Dibeli

Kompas.com - 20/04/2021, 15:02 WIB
Kereta api Argo Wilis ditarik lokomotif CC 206 13 95 dengan livery spesial Ramadhan. Dok. Teguh GusKereta api Argo Wilis ditarik lokomotif CC 206 13 95 dengan livery spesial Ramadhan.


JAKARTA, KOMPAS.com – Aturan dilarang mudik berlaku pada 6-17 Mei 2021, tetapi sebelum tanggal tersebut, PT KAI masih melayani penjualan tiket kereta api jarak jauh.

Artinya, tiket kereta sudah bisa dibeli saat ini juga. VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, pihaknya memang sudah membuka penjualan tiket kereta untuk tiket keberangkatan 20 April sampai dengan 5 Mei 2021.

Hanya saja, dia menyebutkan, sejauh ini masih belum ada peningkatan penjualan secara signifikan. Tiket yang terjual masih sekitar 20-30 persen dari jumlah tiket yang disediakan KAI.

Baca juga: Simak Pesan Lengkap Jokowi soal Larangan Mudik 2021

“Volume pelanggan KA jarak jauh masih normal, tidak ada peningkatan yang signifikan menjelang dimulainya pemberlakuan pembatasan transportasi kereta api pada 6 sampai dengan 17 Mei 2021,” ujar Joni dalam keterangan resmi, Selasa (20/4/2021).

Kendati demikian, jumlah tersebut masih akan terus meningkat karena penjualan tiket masih berlangsung. Jika sudah begitu, maka kuota kursi kereta juga akan semakin menipis.

Adapun selama 1 minggu beroperasinya KA di bulan Ramadhan, pada periode 13 - 19 April 2021. KAI rata-rata melayani 28.000 pelanggan KA jarak jauh per hari.

Jumlah tersebut masih stabil mengingat rata-rata pelanggan KA jarak jauh per hari pada bulan April berada di sekitar 30.000 pelanggan per hari.

Joni mengatakan, sejauh ini KAI tetap mengoperasikan kereta api dengan normal sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Ini Jadwal dan Lokasi Tukar Uang Baru, Tetap Buka Meski Mudik Dilarang

“KAI mendukung penuh seluruh kebijakan pemerintah dalam hal penanganan Covid-19 pada moda transportasi kereta api,” tutup Joni.

Sebagai pengingat, untuk memenuhi persyaratan naik KA jarak jauh pula, KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30.000 di 44 stasiun serta Rapid Test Antigen seharga Rp 85.000 di 42 stasiun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X