Pegadaian Prediksi Transaksi Gadai Emas Turun jelang Lebaran, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 20/04/2021, 17:20 WIB
Ilustrasi emas KONTAN/MURAIDIIlustrasi emas

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Ramadan membawa berkah bagi bisnis gadai. Biasanya permintaan pembiayaan dari gadai naik saat bulan puasa.

PT Pegadaian (Persero) menyatakan, bisnis gadai emas masih menjadi andalan perseroan selama periode tersebut.

Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan, perkembangan tren bisnis gadai biasanya akan meningkat sebelum memasuki Ramadan seiring meningkatnya kebutuhan modal kerja masyarakat seperti untuk berjualan saat Ramadan.

Baca juga: Perusahaan Emas Ini Rambah Bisnis Gadai, Apa Alasannya?

"Sejak bulan Januari 2021 hingga menjelang Ramadan tahun 2021 ini untuk produk gadai, Pegadaian telah menyalurkan omzet sebesar Rp 46 triliun," kata Damar kepada Kontan.co.id, Selasa (20/4/2021).

Kendati demikian, menurut Damar kondisi akan berbalik ketika menjelang lebaran atau momen mendekati Hari Raya Idul Fitri, bisnis gadai menurun sejalan dengan cairnya Tunjangan Hari Raya dan keinginan masyarakat menggunakan perhiasan saat berlebaran.

"Berdasarkan pengalaman di tahun- tahun sebelumnya, penurunan transaksi gadai di periode ini sekitar 2–4 persen," ujar Damar.

Sementara itu, sampai dengan 13 April 2021, Saldo Pinjaman (Outstanding Loan) Pegadaian kepada masyarakat untuk Produk Gadai secara year on year (yoy) atau dibanding tahun sebelumnya tumbuh 20,3 persen.

Selain itu, untuk pertumbuhan Gadai disebut masih lebih baik dari Tebus. Hal ini dapat dilihat dari kinerja Rekening Aktif Pegadaian sampai dengan 13 April 2021 untuk Produk Gadai secara year-to-date (ytd) tumbuh 6,49 persen.

Damar juga menyampaikan, jumlah nasabah yang sudah bertransaksi Produk Gadai di Pegadaian sepanjang Tahun 2021 mencapai 12 juta nasabah.

Baca juga: Cara Cek Nilai Barang Gadai lewat Pegadaian Digital

Ia menyebut, pada tahun 2021 ada peningkatan yang cukup signifikan pada transaksi Gadai Tabungan Emas yang naik sebesar 102 persen dibanding tahun lalu yang dapat diakses tanpa harus datang ke outlet Pegadaian yaitu melalui Aplikasi Pegadaian Digital Service.

Dalam menjaga kinerjanya di tahun ini, Pegadaian meluncurkan beberapa fitur produk baru dalam rangkaian perayaan HUT ke-120. Di antaranya adalah Gadai harian, Cicil perhiasan, dan Gadai efek untuk meningkatkan kualitas layanan sesuai kebutuhan nasabah.

Untuk Gadai harian Tarifnya sangat murah, untuk pinjaman Rp 1 juta cukup membayar bunga Rp 900 per hari.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Pegadaian prediksi transaksi gadai emas turun jelang Lebaran, ini penyebabnya



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X