Dukung UMKM ke Pasar Global, KGX Luncurkan Layanan Export Delivery Service

Kompas.com - 20/04/2021, 20:03 WIB
KGXPress & Logistik, DOKUMENTASI KOMPAS.IDKGXPress & Logistik,

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan jasa kurir dan logistik, KGX, meluncurkan layanan terbaru yakni Export Delivery Service (EDS). Layanan ini diyakini bakal membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam penjualan produk ke luar negeri.

Vice President of Operation KGX Eddi Efanto mengatakan, layanan EDS tersedia untuk pengiriman ke beberapa negara tujuan, yaitu ASEAN, Tiongkok Raya, Australia, hingga Amerika Serikat.

Layanan ini akan lebih dulu tersedia di KGX wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Selanjutnya layanan akan diperluas secara bertahap ke seluruh cabang KGX di Indonesia.

“Kita akan memperluas coverage kita step by step. Karena mengutamakan kualitas, jadi kita sambil berjalan kita lakukan juga persiapan secara teknis di seluruh Indonesia,” ujar Eddi dalam keterangan tertulis, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Pendapatan Turun, Multi Bintang Tetap Bagi Dividen Rp 475 Per Saham

Direktur KGX Amelia Angelica menambahkan, UMKM Indonesia memiliki kemampuan penjualan hingga ke pasar mancanegara. Namun, umumnya para pelaku UMKM terkendala dengan biaya pengiriman ke luar negeri yang terbilang tinggi.

Oleh sebab itu, KGX berupaya memenuhi kebutuhan UMKM untuk memperluas pasarnya tak hanya di domestik tapi juga global melalui layanan EDS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami kombinasikan layanan dengan harga ekonomis dengan service yang mampu bersaing. Sehingga kita membantu UMKM sekaligus memberikan layanan pengiriman terbaik,” kata Amelia.

Menurut dia, produk UMKM Indonesia seperti kerajinan tangan dan furnitur memiliki potensi pasar yang besar di luar negeri. Tak hanya itu, sektor fesyen seperti batik dan baju muslim juga banyak diminati dan jadi produk andalan UMKM.

Amelia pun optimistis KGX mampu bersaing dengan kompetitor dalam memberikan layanan jasa kurir dan logistik. Hal itu didukung pengelolaan manajemen yang baik dan penawaran harga yang ekonomis dibarengi layanan yang optimal.

"KGX juga menawarkan layanan yang tidak dimiliki oleh kompetitor dengan membantu digitalisasi UMKM. KGX tidak hanya sekadar menggaet UMKM sebanyak-banyaknya, tetapi juga membantu mengembangkan UMKM tersebut," jelas dia.

Baca juga: Pertamina Rosneft Mulai Desain Rinci Kilang Tuban

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.