Kompas.com - 21/04/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi asuransi. ThinkstockIlustrasi asuransi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi unitlink salah satu produk asuransi yang cukup menggiurkan dan banyak disukai masyarakat.

Sebab, produk ini memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu proteksi serta return investasi.

Namun, sebelum ingin membeli produk asuransi ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.

Baca juga: OJK Minta Perusahaan Asuransi Selesaikan Aduan Nasabah terkait Unitlink

Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2A OJK Ahmad Nasrullah membeberkan setidaknya ada enam tips memilih asuransi unitlink.

"Pertama adalah pilihlah produk asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Untuk memudahkan para calon pemegang polis menentukan apakah terdaftar di OJK atau tidak bisa melalui kontak 157," ujar Ahmad dalam media briefing OJK yang disiarkan secara virtual, Rabu (21/4/2021).

Lalu yang kedua adalah calon pemegang polis harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam hal ini, Ahmad menjelaskan, untuk mendapatkan manfaat proteksi, pemegang polis biasanya akan dikenakan biaya sesuai dengan jenis proteksi yang dipilih.

Baca juga: Agar Tak Salah Kaprah, Pahami Asuransi Unitlink yang Nilainya Naik Turun

Biaya tersebut pun akan mengurangi porsi investasi, sehingga apabila proteksi yang dipilih beragam, maka biaya asuransi yang dibebankan semakin besar dan porsi yang dapat diinvestasikan semakin kecil.

"Selain premi, ada biaya tambahan lain yang dibayar seperti biaya pengelolaan, biaya akusision post bahkan ada juga seperti biaya administrasi dan itu besar. Makanya tanyakan detail terkait biaya itu dan sesuaikan dengan kebutuhan, kalau tidak mau enggak masalah bilang aja enggak setuju," ungkap Ahmad.

Ketiga, pahami risiko investasi dalam asuransi unitlink.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.