Maksimalkan Potensi Ekonomi Syariah, BI Akan Bentuk Holding Ekonomi Bisnis Pesantren

Kompas.com - 21/04/2021, 14:04 WIB
 Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti di Jakarta KOMPAS.com/ Ambaranie Nadia Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) berencana membentuk holding himpunan ekonomi bisnis pesantren atau Hebitren, untuk memaksimalkan potensi ekonomi syariah di lingkup pesantren.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan, potensi ekonomi syariah di pesantren sangat besar, terefleksikan dari jumlah pesantren yang mencapi 27.772 pesantren dengan 5 juta santri.

"Pesantren menjadi kekuatan strategis untuk menjadi pemain kunci dalam industri halal mendukung perekonomian nasional," kata Destry dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: BI Catat Transaksi Uang Elektronik Melonjak 42 Persen, Apa Pendorongnya?

Akan tetapi, pergerakan roda perekonomian di lingkup pesantren dinilai Destry masih belum optimal.

Oleh karenanya, BI akan memprioritaskan pembentukan Hebitren guna mengatasi permasalahan tersebut.

"Holding ini gabungan unit usaha dalam bentuk koperasi dari banyak pesantren di wilayah yang berdekatan," ujar Destry.

Destry berharap, kehadiran Herbitren dapat meningkatkan akses keuangan atau pembiayaan kepada para pelaku usaha, khususnya yang bergerak di industri halal.

"Dengan adanya pembentukan holding ini bukan saja aktifitas ekonomi pesantren menjadi makin besar, namun juga mempunyai bargaining power yang kuat, khususnya dalam penentuan harga," tutur dia.

Baca juga: Selain Suku Bunga Rendah, Ini Jurus BI Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional

Melalui pembentukan holding tersebut, BI akan mendorong berbagai sektor usaha di lingkup pesantren, mulai dari pertanian, industri pengolahan makanan, hingga pengembangan energi baru terbarukan.

"Herbitren diharapkan dapat berkontribusi aktif melalui pengembangan usaha syariah dalam pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi," ucap Destry.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X