Apa Itu Forbes 30 Under 30 dan Bagaimana Proses Pemilihannya?

Kompas.com - 21/04/2021, 14:30 WIB
Deretan anak muda Indonesia masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021. Deretan anak muda Indonesia masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2021.


JAKARTA, KOMPAS.com - Forbes telah merilis daftar anak muda terpilih yang masuk ke dalam daftar 30 under 30 Asia 2021.

Beberapa nama populer asal Indonesia, seperti Jerome Polin dan Maudy Ayunda adalah beberapa di antara anak muda Indonesia lain yang masuk di dalam daftar tersebut.

Di dalam daftar tersebut, nama mereka sejajar dengan penyanyi asal Korea Selatan Lee Jieun, Hwasa, hingga aktor Nam Joohyuk.

Baca juga: Deretan Anak Muda Indonesia yang Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

Di sisi lain, dari kalangan industri dan dunia usaha, ada pendiri aplikasi layanan jasa keuangan transfer antar bank, Flip, Rafi Putra Arriyan (26), Ginanjar Ibnu Solikhin (25) dan Luqman Sungkar (28), CEO Sucor Sekuritas Bernadus Setya Ananda Wijaya (29), serta ada pula Charina Prinandita (29) Cofounder Eatlah.

Lalu apa itu sebenarnya Forbes 30 under 30 dan proses pemilihannya?

Forbes 30 under 30 merupakan daftar anak muda yang berusia di bawah 30 tahun baik dari kalangan pengusaha, pempimpin, maupun pekerja seni yang berhasil membuat sebuah terobosan.

Proses kurasi dari daftar 30 under 30 pun cukup ketat dan dilakukan oleh juri yang berasal dari kalangan pengusaha hingga pemimpin bisnis.

Baca juga: Sukses Kembangkan Eatlah, Charina Prinandita Masuk Daftar Forbes 30 Under 30

Untuk daftar Forbes 30 under 30 Asia, mulanya terdapat 2.500 nominasi yang diajukan secara online.

Nama-nama yang diajukan tersebut kemudian diseleksi oleh tim cek fakta dan riset Forbes. Dari hasil seleksi tersebut, ada 500 nama yang masuk dalam semi final, yang kemudian akan dilakukan penilaian oleh para juri yang terpilih dari kalangan industri tersebut.

Setelahnya, akan terpilih 300 nama yang saat ini sudah dirilis dalam Forbes 30 Under 30 Asia List.

Beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan para juri dalam proses seleksi meliputi nilai kepemimpinan, dampak, potensi suksi, serta perwujudan jiwa usaha yang sesuai dengan nilai-nilai Forbes.

Faktor lain seperti inovasi, disrupsi, serta ukuran dan pertumbuhan dari usaha mereka di beberapa kategori juga berdampak pada keputusan final para juri.

Secara keseluruhan, nama-nama tersebut berasal dari 22 negara dan kawasan yang ada di Asia, yang sekaligus mewakili keberagaman dari ekosistem usaha di setiap wilayah.

Baca juga: Pimpin Perusahaan Ventura di Usia Muda, Dua Pemuda Ini Masuk Daftar Forbes 30 Under 30



Sumber Forbes
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X