Tahun 2020, Prudential Bayar Klaim Nasabah Rp 35 Miliar Per Hari

Kompas.com - 21/04/2021, 15:19 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2020, Prudential Indonesia telah membayarkan total klaim nasabah sebesar Rp 12,8 triliun atau lebih dari Rp 35 miliar setiap harinya.

Chief Financial Officer Prudential Indonesia Nick Holder mengatakan, pembayaran klaim tersebut memang terjadi penurunan.

"Salah satunya mungkin diakibatkan nasabah menghindari kunjungan ke rumah sakit di tengah pandemi Covid-19," ujarnya melalui konfrensi pers virtual, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Tertarik Asuransi Unit Link? Pahami Dulu Manfaat dan Kerugiannya

Penurunan lainnya juga terjadi pada pendapatan premi Prudential pada tahun lalu. Adapun total pendapatan premi 2020 sebesar Rp 23,7 triliun, total aset sebesar Rp 76,3 triliun, dan total aset investasi sebesar Rp 70,2 triliun.

"Efek global pandemi Covid-19 yang juga merambah ke Indonesia berdampak terhadap penurunan pendapatan premi sebesar lima persen," ucapnya.

Prudential mengklaim kondisi finansial perseroan tetap tangguh, hal ini berdasarkan dari laporan laba setelah pajak sebesar Rp 4,7 triliun.

Sementara, tingkat solvabilitas (risk based capital) perusahaan sebesar 549 persen atau lebih dari empat kali ketentuan minimal target internal yang ditetapkan oleh regulator.

Sedangkan unit usaha syariah Prudential Indonesia juga mencatatkan total kontribusi (premi) sebesar Rp 3,7 triliun, total aset Rp 9 triliun, dan juga mencatatkan tingkat solvabilitas dari Dana Tabarru yang mencapai 1,630 persen serta tingkat solvabilitas dari Dana Perusahaan sebesar 7,975 persen.

Baca juga: Aset Industri Asuransi Jiwa Per Februari 2021 Capai Rp 550 Triliun

Dalam kesempatan tersebut, President Director Prudential Indonesia Jens Reisch mengatakan, pada tahun 2021, pihaknya meluncurkan inisiatif Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi dan menyediakan sentra vaksinasi Covid-19.

Prudential Indonesia juga memperkenalkan manfaat asuransi tambahan (rider) baru, diantaranya PRUTotal Critical Protection dan PRUTotal Critical Protection Syariah.

Di tengah berbagai keterbatasan akibat pandemi, menurutnya masyarakat tetap dapat berkonsultasi mengenai kebutuhan mereka dan mengakses seluruh solusi perlindungan dari Prudential Indonesia.

Hal ini dimungkinkan berkat akselerasi transformasi digital perusahaan yang diwujudkan melalui sistem pemasaran tatap muka virtual, PRUCekatan. Didukung oleh lebih dari 243.000 tenaga pemasar profesional berlisensi.

Baca juga: Milenial Tertarik Beli Produk Asuransi? Ini Tipsnya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X