Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Saat Ini Perempuan Memiliki Kebebasan Memilih Karier

Kompas.com - 21/04/2021, 21:29 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sektor transportasi menjadi salah satu sektor yang mendukung kesetaraan terhadap kaum perempuan.

Hal ini terlihat dari banyaknya perempuan yang telah menggeluti profesi di sektor transportasi yang biasa identik dengan laki-laki, seperti misalnya profesi pilot, supir, pelaut, hingga kondektur wanita.

"Saat ini, perempuan memiliki kebebasan untuk memilih karir, bahkan, pekerjaan yang dahulu identik dengan laki-laki saat ini juga sudah banyak digeluti oleh perempuan. Beberapa bisnis di sektor transportasi bahkan dipimpin oleh perempuan. Hal ini menandakan bahwa kesetaraan terhadap perempuan sudah terjadi. Oleh karena itu perempuan harus merasa sejajar, merasa mampu, dan bisa meningkatkan kapasitas sebagai perempuan yang terus bergerak maju, bebas, dan merdeka,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Makna Hari Kartini bagi Sri Mulyani: Membuka Kesempatan Perempuan Menikmati Pendidikan Tinggi

Hal tersebut diungkapkan Budi saat membuka kegiatan Webinar Kartini Milenial Taruni-Taruni Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan dengan tema “Menyiapkan Generasi Muda Kartini Perhubungan yang Smart, Kreatif, Tangguh dan Beretika”.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu berpesan, kepada para taruni untuk selalu belajar dan berusaha dengan sungguh-sungguh agar memperoleh hasil maksimal serta menjadi orang yang berhasil dan menjadi kebanggaan keluarga, bangsa dan Negara.

"Adik-adik taruni adalah para perempuan terpilih yang telah berkesempatan mengenyam pendidikan di sektor transportasi dan merupakan salah satu pilar penting dalam pembangunan Indonesia. Buktikan bahwa dalam proses pendidikan, kalian merupakan figur yang sangat diperhitungkan, dan memiliki daya saing yang tinggi. Saya yakin, apabila kalian berusaha dengan bersungguh-sungguh, hasil yang didapatkan akan setimpal,” kata Budi.

Baca juga: Kisah Nurhayati yang Menjadi Kartini di Keluarga dan Lingkungannya

Lebih lanjut Menhub menuturkan, terwujudnya kesetaraan terhadap kaum perempuan adalah berkat perjuangan dan kegigihan dari mendiang Raden Ajeng Kartini, yang mampu menginspirasi perempuan untuk bangkit dan menjadi bagian penting dalam hidup, dan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum laki-laik baik dalam aspek pendidikan maupun dalam karir.

Webinar virtual diikuti oleh para taruni yang berasal dari 23 perguruan tinggi di lingkungan Kemenhub, pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenhub, serta para pegawai di lingkungan Kemenhub.

Baca juga: Menengok Sosok Kartini yang Jadi Pengajar di Sekolah Penerbangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com