Optimistis IHSG Bakal Menguat, Ini Rekomendasi Sahamnya

Kompas.com - 22/04/2021, 08:18 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah analis saham memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang Kamis (22/4/2021) akan bergerak di zona penguatan meski kemarin indeks parkir di zona merah.

Rabu (21/4/2021) kemarin, indeks saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup melemah di level 5.993,24 atau turun 0,75 persen (45 poin).

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menjelaskan, IHSG memang gagal bertahan di atas level 6.000, tetapi terjadi pada pre-closing.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Kompak Ditutup Merosot

Secara historikal menurutnya, jika terjadi hal seperti itu pada IHSG, akan ada peluang terjadi pembalikan arah.

"Secara teknikal, IHSG tidak kembali memasuki pola falling wedge, berpotensi menguat," katanya dalam proyeksi tersebut.

Dengan demikian, hari ini, indeks saham di pasar bursa berpotensi bergerak mixed cenderung menguat dalam kisaran level 5.941 hingga 6.100.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama juga berpendapat senada. Berdasarkan indikator, moving average convergence divergence (MACD) telah membentuk pola golden cross di area negatif.

Sementara itu, indeks kekuatan relatif (RSI) masih berada di area netral. Namun stochastic masih menunjukkan sinyal positif.

"Di sisi lain, pergerakan IHSG telah berhasil menguji garis moving average 120 sehingga peluang terjadinya penguatan minimal menuju ke level resistance terbuka lebar," ujarnya.

Sementara itu, Analis dari Artha Sekuritas Dennies Christoper justru berpendapat berbeda. Ia memperkirakan, IHSG masih lanjut melemah. Alasannya, pergerakan indeks saham masih dibayangi kekhawatiran secara global akibat meningkatnya angka kasus baru Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X