Luhut: Pemerintah Targetkan Ada 2 Juta Motor Listrik pada 2025

Kompas.com - 22/04/2021, 13:03 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rakor pengembangan percepatan infrastruktur Provinsi Banten secara virtual, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rakor pengembangan percepatan infrastruktur Provinsi Banten secara virtual, Jakarta, Kamis (18/2/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia.

Hal ini dikuatkan dengan adanya Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Pemerintah pun menargetkan jumlah sepeda motor listrik di Indonesia bisa mencapai 2 juta unit di tahun 2025.

"Pemerintah targetkan 2 juta unit KBLBB roda dua di Indonesia pada 2025," ujar Luhut dalam konferensi pers Grab Langkah Hijau, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Luhut Minta KPK Pelototi Setiap Mega Proyek Pemerintah

Ia berharap masyarakat Indonesia secara bertahap bisa beralih ke gaya hidup yang lebih berkelanjutan dengan menggunakan kendaraan listrik.

Dalam hal ini, lanjut Luhut, diharapkan pula peran para operator transportasi untuk turut beralih ke penggunaan kendaraan listrik. Salah satunya oleh Grab Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia bilang, dengan kepemilikan 7.500 unit armada transportasi roda dua berbasis listrik, Grab memang kini menjadi operator terbesar di Indonesia yang menggunakan kendaraan listrik.

"Saya harap Grab dan aplikasi penyedia transportasi lainnya dapat menjadi bagian dari visi pemerintah Indonesia," kata dia.

Luhut mengatakan, pemerintah menyambut baik Langkah Hijau yang dicanangkan Grab untuk mengajak masyarakat menggunakan kendaraan listrik. Diharapkan peran operator transportasi ini dapat terus ditingkatkkan kedepannya.

"Grab telah memainkan peran, saya juga undang semua teman-teman lain untuk bersama bahu-membahu untuk kita bisa lebih cepat zero emisi dari apa yang kita targetkan sekarang," pungkas Luhut.

Baca juga: Kompaknya Luhut dan Sandiaga Sambut Investasi UEA Rp 7 Triliun di Aceh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.