Kabar Gembira, Potongan Cicilan KPR BTN Bisa Dinikmati hingga 6 Bulan

Kompas.com - 22/04/2021, 14:02 WIB
Ilustrasi KPR. iStockIlustrasi KPR.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyampaikan, subsidi bunga untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bakal berlangsung selama 6 bulan.

Dengan kata lain, nasabah BTN bisa menikmati potongan cicilan KPR selama 6 bulan sejak cicilan pertama terpotong.

Direktur Wholesale Risk and Asset Management BTN, Elizabeth Novie Riswanti mengatakan, cicilan KPR yang terpotong itu merupakan bantuan subsidi bunga pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Alamat BNI, BRI, BTN dan Mandiri untuk Tukar Uang Baru di Surabaya dan Sekitarnya

"Itu subsidi bunga dari pemerintah diberikan selama 6 bulan, dan sekarang dimasukkan ke rekening kredit debitur kita yang mendapatkan subsidi dr pemerintah," kata Novie dalam konferensi pers, Kamis (22/4/2021).

Novie menuturkan, besaran pemotongan akan berbeda tiap bulannya. Di tiga bulan pertama, nasabah akan mendapat potongan bunga sebesar 6 persen.

Namun pada 3 bulan selanjutnya, potongan mengecil menjadi 3 persen. Setelah masa 6 bulan lewat, para nasabah akan membayar tagihan secara normal tanpa potongan.

"Jadi jangka waktunya 6 bulan, setelah itu (selesai), kembali lagi tidak ada bantuan lagi sehingga pembayaran normal kembali. Memang belum ada bantuan lagi, belum ada keputusan dari pemerintah, sementara yang kita berikan adalah 6 bulan tersebut," ujar Novie.

Direktur Konsumer dan Komersial Lending BTN, Hirwandi Gafar menambahkan, pihaknya akan mengkaji lebih lanjut penurunan suku bunga kredit di seluruh segmen untuk meringankan beban bunga nasabah.

Penurunan suku bunga lebih lanjut akan bersinggungan erat dengan penurunan biaya dana (Cost of Fund/CoF).

Baca juga: Kabar Gembira, 1 Juta Karyawan Kontrak Bisa Miliki Rumah dengan Kredit Murah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X