Kompas.com - 22/04/2021, 15:04 WIB
Modalku adalah startup fintech yang memberi akses modal kepada UKM. KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SetiyawanModalku adalah startup fintech yang memberi akses modal kepada UKM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Modalku, platform fintech P2P (peer-to-peer) lending menemukan sejumlah kasus penipuan dengan dalih investasi yang mengatasnamakan Modalku melalui akun palsu pada platform Telegram dan Instagram.

Temuan ini didapat dari laporan korban penipuan yang telah mentransfer sejumlah uang ke pelaku.

Modalku telah melaporkan kejadian ini kepada OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta pihak berwajib untuk diproses lebih lanjut.

Baca juga: Penipuan Online Banyak Menyasar UMKM, Mengapa?

Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya mengatakan, Modalku tidak menggunakan platform Telegram untuk layanan bisnis.

Ia menambahkan, beberapa akun telegram palsu yang cukup aktif dan memiliki banyak anggota yang mengatasnamakan Modalku adalah ModallkuIDN, ModallRakyatt, dan modalkuInvestasiMellenial.

Reynold mengatakan, saat ini Tim Modalku telah menerima sebanyak enam laporan dan setelah ditelusuri, akun palsu tersebut menyalahgunakan nama dan logo Modalku untuk menjebak calon investor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami turut prihatin atas kejadian yang menimpa para korban penipuan. Kami mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap modus penipuan, terutama dalam melakukan transaksi finansial dengan cara mengecek kredibilitas dari akun tersebut,” kata Reynold dalam siaran pers, Kamis (22/4/2021).

Reynold menambahkan, masyarakat diharapkan bisa menjaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi dengan baik.

Baca juga: Hati-hati, Banyak Akun Bareksa Palsu di Telegram

Informasi terkait dengan Modalku bisa didapatkan melalui website maupun akun media sosial resmi Modalku.

“Apabila menemukan kejanggalan yang diduga penipuan, masyarakat dapat melaporkan kepada pihak Modalku melalui website Modalku di bagian customer service,” tegas dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.