Astra International: Relaksasi PPnBM Mobil Cukup Menolong Industri Otomotif

Kompas.com - 22/04/2021, 15:22 WIB
Menara Astra dok AstraMenara Astra

JAKARA, KOMPAS.com - Direktur PT Astra International Tbk Gideon Hasan mengatakan, relaksasi Pajak Pembelian atas Barang Mewah (PPnBM) mobil sebesar nol persen berdampak positif terhadap industri otomotif.

"Mengenai dampak PPnBM untuk otomotif di 2021 ini, sampai dengan Maret, ketika luxury tax sudah dibebaskan menjadi nol persen kita melihat ada pertumbuhan market yang cukup signifikan. Jadi boleh dibilang, market sangat terbantu dengan program pembebasan pajak ini," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Gideon mengatakan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo memproyeksikan pertumbuhan penjualan kendaraan mencapai 800.000 unit pada 2021.

Baca juga: Namanya Dicatut untuk Penipuan, Modalku Lapor OJK

Proyeksi penjualan tersebut lebih tinggi dari proyeksi awal yang hanya 750.000 unit. Hal itu terdorong oleh keyakinan Gaikindo pasca adanya insentif PPnBM.

"Jadi, pandangan kami, program pembebasan pajak ini cukup menolong (industri otomotif) dari segi pertumbuhan market," kata Gideon.

Pada kuartal I-2021, Astra International masih mencatatkan laba bersih sebesar Rp 1,4 triliun, atau turun 26 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini dipengaruhi penjualan mobil Astra yang menurun 24 persen menjadi 99.000 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penjualan motor merk Honda juga menurun sebesar 17 persen atau terjual sebanyak 1.008.000 unit.

Sedangkan PT Astra Otoparts Tbk mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 43 persen menjadi Rp 164 miliar pada kuartal pertama tahun ini. Hal tersebut disebabkan meningkatnya keuntungan selisih kurs, meskipun pendapatan dari segmen pabrikan menurun.

Baca juga: Kalkulator Simulasi KPR di 4 Bank BUMN



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.