THR PNS Cair H-10, Sri Mulyani Siapkan Rp 30,6 Triliun

Kompas.com - 22/04/2021, 17:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, Tunjangan Hari Raya (THR) bagi ASN/PNS hingga TNI/Polri cair tak lama lagi.

Kepastian itu terlihat ketika Bendahara Negara sudah menyiapkan anggaran dalam APBN.

Anggaran THR yang disiapkan sang menteri untuk belanja THR mencapai Rp 30,6 triliun.

Baca juga: Sejarah Asal Muasal THR, Awalnya Hanya untuk PNS

"Kalau dilihat jumlah belanja negara kita, jumlah THR yg akan dibelanjakan untuk pusat mencapai Rp 30,6 triliun," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (22/4/2021).

Sri Mulyani menuturkan, dana tersebut sudah termasuk THR ASN di daerah dengan nominal Rp 14,8 triliun.

Mendekati hari pencairan, Sri Mulyani akan menjelaskan secara rinci porsi THR untuk ASN, TNI, Polri, pensiunan, hingga daerah.

Adapun pencairan akan dimulai pada H-10 Lebaran. Pencairan dilakukan secara bertahap hingga H-5 Hari Raya.

"THR seperti yg biasa kita sampaikan, akan dibayarkan pada H-10 nanti, sampai H-5 karena biasanya bertahap. Kalau ditanyakan apakah akan memberi dampak positif? Pasti memberi dampak positif (bagi konsumsi)," ucap Sri Mulyani.

Baca juga: [POPULER MONEY] 30 Anak Muda Inspiratif dari Asia | Besaran THR PNS

Wanita yang akrab disapa Ani ini menuturkan, pembuat kebijakan tengah menyusun Peraturan Pemerintah yang mengatur soal besaran dan tata cara pencairan THR.

Dia berharap, pencairan THR tahun ini bisa mendongkrak konsumsi masyarakat di kuartal II 2021, meski masyarakat tidak mudik.

"Saat ini PP sudah dalam proses untuk kita paraf bersama untuk kemudian ditandatangani Pak Presiden. Jadi jumlahnya sangat signifikan untuk THR ini," pungkas Sri Mulyani.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X