Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TaniHub Punya Fasilitas National Fulfillment Center di Cikarang

Kompas.com - 22/04/2021, 21:01 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

KOMPAS, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meresmikan fasilitas National Fulfillment Center (NFC) Cikarang milik TaniHub Group pada Rabu, 21 April 2021.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, langkah startup agritec tersebut membangun NFC adalah sebuah keberanian untuk membawa perubahan.

“Ini bisa menjadi role model bagi anak-anak muda untuk membuka lapangan kerja di bidang pertanian, bahkan ikut menggairahkan berbagai komoditas untuk dapat langsungdinikmati oleh seluruh masyarakat luas,” ujarnya dalam siaran pers, Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Chief Executive OfficerTaniHub Group Pamitra Wineka mengatakan, NFC merupakan salah satu kebanggaan besar perusahaan yang dipimpinnya. Sebab kata dia, TaniHub Group merupakan startup pertanian pertama di Indonesia yang mendirikan fasilitas tersebut.

“Ide NFC ini berasal dari TaniHub Group sendiri, sehingga merupakan 100 persen hasil pemikiran anak bangsa. Kami membangunnya dari nol bahkan ketika pandemi Covid-19, dengan koordinasi pembangunannya yang dilakukan secara online (antar tim di internal perusahaan), namun berhasil kami dirikan,” kata Pamitra.

Baca juga: Bandara Kertajati Disarankan Jadi Hub E-Commerce Indonesia

Ia menuturkan, sejumlah fasilitas serupa dengan skala yang lebih kecil akan dibangun di berbagai sentra produksi pertanian. TaniHub berharap para petani maupun koperasi petani dapat memanfaatkannya untuk proses sorting and grading komoditas pertanian.

Dengan didukung teknologi di fasilitas NFC, proses supply chain pertanian diyakini dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Chief Operating Officer TaniHub Group Sariyo mengatakan, cita-cita TaniHub Group tetap tidak berubah, yaitu menjangkau lebih banyak wilayah di Indonesia dengan infrastruktur yang lebih efisien.

“Bagi TaniHub Group, ini merupakan lecutan semangat agar kami bekerja lebih baik dan lebih keras untuk membantu lebih banyak petani,” ujarnya.

TaniHub Group memastikan, NFC Cikarang siap melayani inbound dan outbound untuk pulau-pulau lain di luar Jawa dan Bali serta pasar luar negeri.

Fasilitas yang terletak di lahan seluas 12.000 meter persegi tersebut memiliki kapasitas yang sangat besar dengan cold storage yang mampu menampung berbagai macam produk fresh, termasuk daging dan seafood. Fasilitas ini juga menampung produk non-fresh seperti sembako dan pangan olahan (processed food) dari berbagai macam jenama.

Baca juga: TaniHub Ekspor Produk Pertanian ke UEA, Pemerintah Lihat Peluang Besar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com