Bank Sahabat Sampoerna Catatkan Kenaikan Aset 7,9 Persen

Kompas.com - 23/04/2021, 16:07 WIB
Bank Sahabat Sampoerna BANK SAMPROERNABank Sahabat Sampoerna

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Sahabat Sampoerna mencatat kenaikan aset per 31 Desember 2020 sebesar 7,9 persen (yoy) menjadi sebesar Rp 12,4 triliun dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 11,5 triliun.

Kenaikan total aset tersebut ditopang oleh penyaluran kredit ke segmen UMKM sebesar Rp 4,2 triliun, kredit korporasi sebesar Rp 1,6 triliun, serta kredit konsumer sebesar Rp 2,4 triliun.

Sementara itu, total DPK hingga 31 Desember 2020 mencapai Rp 10,4 triliun atau naik 7,6 persen (yoy) dari DPK tahun sebelumnya sebesar Rp 9,7 trilun.

Baca juga: Bank Sahabat Sampoerna Akan Kian Agresif Garap Digital Banking

Tantangan yang terjadi di tahun 2020 antara lain terefleksikan dalam pendapatan usaha yang mengalami penurunan sebesar 1,7 persen (yoy) menjadi Rp 690,1 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 701,7 miliar.

Merespons kondisi tersebut, Bank Sampoerna mengalokasikan dana pencadangan sebesar 124,1 persen dari kredit bermasalah pada tahun 2020.

Rasio dana pencadangan terhadap kredit bermasalah ini naik 55,5 persen dari rasio yang sama pada akhir tahun 2019 sebesar 68,6 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih jauh, kualitas kredit tetap terkendali dengan rasio kredit bermasalah bruto (gross NPL) pada tingkat 2,8 persen atau turun dari tahun sebelumnya pada tingkat 4,3 persen.

Adapun rasio kecukupan modal (CAR) yang berada di level 19,1 persen dan LDR di tingkat 78,4 persen.

“Kami yakin dapat mempertahankan kinerja pada tahun ini Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan dan Pemerintah yang telah mengeluarkan beragam kebijakan yang memungkinkan institusi perbankan terus mendukung kebutuhan pembiayaan para pengusaha UMKM,” ujar Direktur Utama Bank Sampoerna Ali Rukmijah dalam keterangan resminya, Kamis (22/4/2021).

Bank Sampoerna akan terus mengembangkan layanan perbankan digital agar mempermudah nasabah dan kreditur dalam memenuhi kebutuhan perbankan mereka. Pertumbuhan transaksi digital Bank Sampoerna juga menunjukkan tren yang sangat baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.