Hingga Maret 2021, BSI Salurkan Dana PEN Rp 8,6 Triliun

Kompas.com - 23/04/2021, 16:12 WIB
Logo PT Bank Syariah Indonesia Tbk Dok. Bank Syariah IndonesiaLogo PT Bank Syariah Indonesia Tbk

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI melaporkan, hingga Maret 2021, realisasi penyaluran pembiayaan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh BSI telah mencapai Rp 8,6 triliun, kepada lebih dari 60.000 nasabah.

"Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional, BSI melakukan penyaluran pembiayaan ke berbagai sektor, melakukan penjaminan pembiayaan, dan subsidi margin," ujar Direktur Utama BSI Hery Gunardi, dalam diskusi virtual, Jumat (23/4/2021).

Dengan realisasi tersebut, Hery menilai, perbankan syariah masih mampu menyalurkan pembiayaan dengan baik di tengah ancaman pandemi Covid-19 yang masih nyata.

Baca juga: BSI Gelar Akad Massal Nasabah KPR di 17 Provinsi

"Diharapkan dukungan BSI terhadap program pemerintah ini bisa turut membantu pembangunan ekonomi bangsa dan negara terutama pengentasan kemiskinan dan mensejahterakan rakyat," tuturnya.

Lebih lanjut Hery merinci, penyaluran pembiayaan ini mayoritas disalurkan ke segmen konsumer dengan porsi 36 persen, UKM porsi 23 persen, dan mikro dengan porsi 22 persen dari total pembiayaan PEN.

Dengan skala yang lebih baik hasil dari merger tiga bank syariah BUMN, BSI diharapkan mampu lebih berperan sebagai pilar baru ekonomi di Indonesia.

Hery menjelaskan, pihaknya berupaya meningkatkan komposisi dana murah dan me-manage pembiayaan dengan margin yang kompetitif.

"BSI juga berupaya untuk mewujudkan bank syariah yang inklusif, universal, memiliki produk yang lengkap dan kompetitif, serta didukung teknologi digital," ucapnya.

Baca juga: Incar Potensi Zakat Rp 300 Triliun, Baznas Gandeng BSI



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X