Stafsus Erick Thohir: Waskita Untung Rp 320 Miliar dari Penjualan Tol Medan

Kompas.com - 23/04/2021, 18:44 WIB
Gerbang Tol Tebingtinggi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT) diperkirakan akan dilalui 17.500 kendaraan pada puncak arus balik libur Nataru yaitu Minggu (3/1/2021) HandoutGerbang Tol Tebingtinggi ruas tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT) diperkirakan akan dilalui 17.500 kendaraan pada puncak arus balik libur Nataru yaitu Minggu (3/1/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, PT Waskita Karya (Persero) Tbk memperoleh keuntungan hingga ratusan miliar rupiah dari penjualan ruas Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi ke investor asal Hongkong, Kings Ring Ltd.

Menurut Arya, Kings Ring Ltd juga pernah membeli saham milik Waskita di ruas Tol Trans Jawa.

"Waskita mendapatkan keuntungan mencapai Rp 320 miliar lebih melalui penjualan saham khususnya ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi," ujar Arya, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Waskita Jual Saham Tol Medan ke Investor Hong Kong

Arya menambahkan, berdasarkan informasi yang dia miliki, dalam transaksi tersebut ada sekitar Rp 1,4 triliun ekuitas yang ditawarkan. Sebanyak 30 persen atau senilai Rp 420 miliar dari total ekuitas tersebut dimiliki oleh Waskita. Lalu, bila ditambah dengan biaya akuisisi maka jumlahnya menjadi Rp 450 miliar.

"Pembelian dari Kings Ring Ltd. terhadap ekuitasnya Waskita mencapai Rp824 miliar, kalau dikurangi dengan Rp450 miliar maka Waskita mendapatkan keuntungan mencapai Rp320 miliar lebih untuk penjualan saham ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi," kata juru bicara Erick Thohir itu.

Bagi Arya, langkah yang dilakukan Waskita ini sangat positif untuk mendapatkan dana segar. 

Baca juga: Terlilit Utang Besar, Setahun BUMN Waskita Bayar Bunga Rp 4,74 Triliun

"Ini adalah langkah besar yang dilakukan oleh Waskita untuk mendapatkan dana cair lagi yang diperuntukkan menambah sehat perusahaan Waskita sendiri," ungkapnya.

Sebelummya, PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya yaitu PT Waskita Toll Road telah menandatangani kesepakatan jual beli dengan dan Kings Ring Ltd.

Tol itu saat ini dikelola oleh anak usaha PT Waskita Toll Road, PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT). Sebesar 30 persen saham perusahaan ini dijual ke investor asal Hong Kong Kings Ring Ltd dengan nilai transaksi sebesar Rp 824 Miliar.

Presiden Direktur Waskita Karya Destiawan Soewardjono menjelaskan, bahwa PT JMKT merupakan badan usaha jalan tol pemegang konsesi ruas Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi.

Transaksi divestasi ini merupakan langkah awal dari program divestasi 9 ruas tol yang direncanakan oleh Waskita pada tahun ini.

“Beberapa ruas lain masih dalam proses negosiasi dan dalam tahap studi oleh investor,” ujar Destiawan dilansir dari Antara, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Nasib Suram Waskita: 10 Anak Cucu Perusahaan Rugi, 1 Digugat Pailit



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X