Program WASH Diluncurkan Demi Normalisasi Sungai Citarum

Kompas.com - 23/04/2021, 20:57 WIB
Peluncuran program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) 2021. istimewaPeluncuran program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) 2021.


JAKARTA, KOMPAS.com – Upaya normalisasi Sungai Citarum terus digencarkan berbagai pihak. Tak hanya melalui program pemerintah, sejumlah organisasi dan perusahaan swasta kini mulai aktif terlibat mendukung program Citarum Harum.

Terbaru, Yayasan Senyum Untuk Negeri (SUN) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dan didukung oleh PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna), meluncurkan program Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) 2021.

Program WASH ini bertujuan untuk meningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan dengan menyediakan akses air bersih, sanitasi yang sehat, kebiasaan hidup bersih dan sehat, serta perbaikan lingkungan.

Baca juga: Ciptakan Lingkungan Kerja yang Inklusif dan Inovatif, Sampoerna Raih Top Employer Indonesia 2021

Peresmian Program WASH 2021 ini ditandai dengan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum secara simbolis oleh para peserta kegiatan.

Kegiatan peresmian ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Bumi dan turut dihadiri oleh pemerintahan Kabupaten Karawang, perwakilan Yayasan Senyum Untuk Negeri yang didukung oleh Sampoerna.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Wawan Setiawan, yang membuka peluncuran program tersebut sedikit menjabarkan tentang tujuan pelaksanaan program WASH ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bank Sahabat Sampoerna Akan Kian Agresif Garap Digital Banking

“Dalam memperingati Hari Bumi, dan upaya penghijauan wilayah Kabupaten Karawang juga melihat situasi pasca banjir yang lalu, maka kita fokuskan penanaman ini dibantaran Sungai Citarum dalam upaya normalisasi Sungai Citarum Harum ini” ucapnya dalam keterangan resmi, Jumat (23/4/2021).

Melalui program WASH, Yayasan SUN berupaya melakukan penghijauan dan meningkatkan serapan air di pinggiran Sungai Citarum dengan penanaman tanaman vertiver.

Lebih dari itu, program WASH juga akan fokus memberikan edukasi edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) serta fasilitas MCK komunal, fasilitasi sanitasi air, dan hidroponik di Kabupaten Karawang.

Menurut Chief Networking Officer Yayasan SUN Saefrudin, program ini berjalan menggunakan pendekatan multi-stakeholder, atau dengan mempertimbangkan ragam pemangku kepentingan di sekitar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.