E-COMMERCE

Targetkan 10.000 UMKM Siap Ekspor, Pemkot Solo Berkolaborasi dengan Shopee Indonesia

Kompas.com - 24/04/2021, 13:08 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bekerja sama dengan Shopee edukasi pelaku UMKM Solo agar siap ekspor. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming bekerja sama dengan Shopee edukasi pelaku UMKM Solo agar siap ekspor.

KOMPAS.com – Untuk mengembangkan potensi dan mencetak usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang siap menembus pasar ekspor, Pemerintah Kota Solo dan Shopee Indonesia menandatangani nota kesepakatan, Jumat (23/4/2021).

Lewat eksepakatan itu, para UMKM di Solo dapat menjadi toko ekspor aktif pada layanan e-commerce  Shopee dan berjualan ke luar negeri.

Kerja sama itu fokus pada edukasi berkesinambungan, penyaluran pendanaan, pemasaran online, sistem pembayaran, logistik, dan juga penjualan ekspor. Hal ini dapat membantu akselerasi persiapan para pelaku bisnis lokal di Surakarta.

“Kami mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh Shopee dalam memberikan wadah bagi para pelaku UMKM Indonesia untuk terus berkembang, terutama dalam menyalurkan produk ke luar negeri,” ujar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang turut hadir.

Baca juga: Program Ekspor Shopee Mudahkan UMKM Solo Jualan Produk ke Luar Negeri

Menurutnya, dengan semakin banyaknya akses dan edukasi yang diberikan, para pelaku UMKM dapat terus berjualan online, bahkan mengekspor produknya.

“(Ini) dapat membuat mereka terus optimistis dalam menggiatkan bisnis, terutama di masa pandemi,” ujar Gibran.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menyatakan bahwa kerja sama ini merupakan wujud nyata Shopee dalam pengembangan UMKM di Tanah Air. Bahkan, ia menargetkan akan ada tambahan 5.000 UMKM Solo yang memiliki toko ekspor aktif hingga akhir tahun.

“Konsistensi Shopee untuk terus menambahkan destinasi ekspor baru diharapkan dapat membuka jalan yang lebih luas lagi untuk para pelaku usaha mikro. Dapat dipastikan, kami akan memberikan pendampingan dan dukungan berkelanjutan untuk para pelaku UMKM di Kota Solo,” ujar Handika.

Baca juga: Peraturan Pelaksana UU Cipta Kerja Terbit, Apa Manfaatnya untuk UMKM?

Sebagai informasi, hingga saat ini ada ada sekitar 40.000 UMKM di Kota Surakarta yang terdaftar di Shopee. Dari angka tersebut, ada sekitar 5.000 yang memiliki toko ekspor aktif.

Jika nanti target penambahan UMKM ekspor tercapai, Kota Solo akan memiliki 10.000 UMKM pengekspor produk lokal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X