Masjid untuk Penyumbang Pesawat Pertama RI di Aceh Rampung Oktober 2021

Kompas.com - 24/04/2021, 14:46 WIB
Desain Masjid Nyak Sandang di Aceh. Kementerian PUPRDesain Masjid Nyak Sandang di Aceh.


JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Masjid Nyak Sandang di Lamno, Kabupaten Aceh Jaya, dijadwalkan rampung pada Oktober 2021.

Pembangunan masjid ini di bawah tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diperuntukkan sebagai bentuk penghargaan negara kepada Nyak Sandang.

Nyak Sandang merupakan salah satu penyumbang pembelian pesawat pertama Republik Indonesia atau Seulawah RI-001.

Baca juga: CN235 yang Dikirim Prabowo ke Senegal Bermodal Skema NIA, Apa Itu?

"Pembangunan dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada Nyak Sandang dengan memberikan fasilitas Ibadah yang lebih berkualitas,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangannya, dikutip Sabtu (24/4/2021).

Nyak Sandang memang pernah menyampaikan permintaan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pertemuan Maret 2018 lalu. Kini, permintaan Nyak Sandang tersebut nyaris terwujud.

Pembangunan Masjid Nyak Sandang dimulai pada Oktober 2020 dan ditargetkan akan rampung pada Oktober 2021. Saat ini progres pekerjaan fisik telah mencapai 42,18 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelaksanaan pembangunan dikerjakan oleh kontraktor PT Putra Nanggroe Aceh serta Konsultan Perencana oleh CV Target Consultant dengan biaya APBN sebesar Rp 34 miliar.

Baca juga: Garuda Buka Rental Simulator Pesawat, Berapa Tarifnya?

Pembangunan Masjid Nyak Sandang dibangun di atas lahan seluas 4.940 meter persegi, terdiri dari bangunan utama, balai pengajian, perpustakaan, kantor pengurus, kios souvenir, menara, dan fasilitas pendukung lainnya dengan luas area bangunan masjid 2.518 meter persegi.

Masjid didesain dengan konsep Islam, Iman, dan Ihsan yang diharapkan dapat menampung sekitar 940 orang. Diharapkan dengan dibangunnya Mesjid Nyak Sandang selain sebagai tempat ibadah, juga menjadi tujuan wisata religi di Aceh.

Sebagai pengingat, Nyak Sandang merupakan salah satu warga negara yang ikut menyumbangkan harta kekayaannya kepada pemerintah agar bisa membeli pesawat terbang pertama di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.