Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PAREKRAF

Jadi Identitas Milenial, Sneaker Lokal Tak Kalah dengan Merek Impor

Kompas.com - 24/04/2021, 17:03 WIB
Hisnudita Hagiworo,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Masyarakat kini patut bangga dengan produk buatan Indonesia. Pasalnya, saat ini kualitas produk dalam negeri tidak kalah bagus dibandingkan produk-produk impor.

Salah satunya adalah sepatu atau sneaker lokal yang belakangan sedang menjadi tren fesyen di kalangan anak muda.

Menariknya, peminat sepatu lokal buatan Indonesia juga terus meningkat. E-commerce Tokopedia mencatat bahwa transaksi sepatu lokal mengalami peningkatan meski di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut menjadi indikator positif bergairahnya pasar sneaker lokal. Saat ini, makin banyak merek-merek baru dengan kreativitas desain menarik dan kualitas mumpuni. Tak heran, jika sneaker lokal jadi identitas anak muda kekinian.

Baca juga : Rencana Silikon Valley Indonesia, Diharapkan Mampu Mendorong Inovasi Digital Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 

Berikut ini adalah beberapa merek sneaker lokal yang populer di pasaran.

Compass

Compass adalah salah satu sneaker lokal yang sedang diminati milenial Tanah Air. Sneaker ini memiliki desain simpel, kasual, tetapi tetap terlihat modern.

Ciri khas sepatu Compass adalah adanya gazelle di bagian samping sepatu. Keistimewaan lain dari merek ini adalah penggunaan teknik perakitan 100 persen vulcanized.

Teknik ini biasanya digunakan oleh merek sepatu luar negeri dalam memproduksi produknya. Maka, tak heran jika sneaker Compass sempat dikira buatan luar negeri saat pertama kali dipasarkan.

Piero

Tidak sedikit yang mengira Piero adalah produk sneaker luar negeri. Padahal, Piero merupakan merek sepatu lokal buatan Indonesia yang sudah beredar selama lebih dari 20 tahun. Memiliki desain yang simpel, orisinal, serta progresif menjadi daya tarik sepatu lokal satu ini.

Salah satu keunggulan dari merek ini adalah sepatu dengan sol yang sangat ringan dan nyaman. Dengan demikian, sepatu ini cocok untuk pengguna yang terus aktif bergerak dan sering mengeksplorasi hal baru.

Merek Ventela mencuri perhatian karena pernah dikenakan oleh Jokowi.Dok. Shutterstock/Setya Hery Kurniawan Merek Ventela mencuri perhatian karena pernah dikenakan oleh Jokowi.

Ventela

Ventela juga menjadi salah satu merek sepatu lokal Indonesia andalan anak muda. Sepatu lokal dari Bandung ini memiliki model yang simpel. Jadi, mudah untuk dipadukan dengan berbagai outfit setiap harinya.

Terbuat dari material kanvas terbaik, sepatu ini juga nyaman dikenakan. Sebab, bagian insole-nya empuk dan nyaman sehingga membuat kaki tidak mudah pegal saat memakainya. Ventela juga mengklaim produknya memiliki daya tahan yang kuat.

Meskipun baru berdiri 2017, tetapi kualitas dan kepopuleran Ventela tidak perlu diragukan lagi. Kerennya, sepatu Ventela juga pernah dikenakan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Saint Barkley

Kemunculan Saint Barkley pada 2012, berhasil mematahkan stigma masyarakat bahwa sepatu luar negeri selalu lebih bagus. Buktinya, Presiden Joko Widodo sempat menggunakan sneaker lokal satu ini.

Baca juga : M Bloc Space, Creative Hub Bagi Para Pelaku Ekonomi Kreatif 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com