Simak 3 Cara untuk Mengelola Uang supaya Tidak Stres

Kompas.com - 24/04/2021, 21:48 WIB
Ilustrasi mengelola keuangan Dok. HaloMoney.co.id, diaryperempuan.comIlustrasi mengelola keuangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Survei membuktikan, 70 persen kaum perempuan lebih stres tentang uang, sebagian besar juga dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Survei Fidelity mengungkap, para wanita itu stress mengenai tabungan dan investasi jangka panjangnya.

Fidelity mensurvei 1.902 orang dewasa di AS, termasuk 951 wanita. Tujuan survei untuk mengeksplorasi dampak finansial dari pandemi Covid-19 terhadap wanita.

Hasilnya, 60 persen responden perempuan mengatakan, mereka jauh lebih stres selama pandemi Covid-19, dengan berbagai faktor yang berkontribusi terhadap stres.

Faktor-faktor tersebut termasuk kesejahteraan emosional dan mental anak-anak, keuangan sehari-hari, dan tabungan jangka panjang.

Baca juga: 5 Tips Mengelola Keuangan bagi Wanita Karier

Mengutip CNBC, Sabtu (24/4/2021), hampir 40 persen wanita mempertimbangkan untuk mengurangi jam kerja atau meninggalkan angkatan kerja karena tanggung jawab pengasuhan mereka yang meningkat.

Untuk membantumu mengelola uang dan mengurangi stres, Fidelity merekomendasikan 3 langkah kunci, antara lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bangun dana darurat

Satu hal yang kamu pelajari dari pandemi adalah sadar betapa pentingnya memiliki bantalan finansial, yakni dana darurat yang tersedia.

Mulailah mengumpulkan tabungan darurat yang cukup untuk menutupi pengeluaran selama 3-6 bulan. Memiliki dana yang mudah diakses itu penting untuk melindungimu jika terjadi kehilangan pekerjaan atau keadaan darurat yang tidak terduga.

Uniknya, beberapa wanita menyisihkan dana darurat lebih panjang, yakni hingga 1 tahun. Beberapa beranggapan memiliki dana darurat yang lebih panjang membuat mereka merasa nyaman. Tapi sebelum itu, pastikan kemampuan finansialmu.

Baca juga: Kata Sri Mulyani, Perempuan Lebih Rentan Terdampak Covid-19

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNBC
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X