Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Emas Jangka Pendek vs Jangka Panjang, Lebih Cuan yang Mana?

Kompas.com - 25/04/2021, 04:08 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Investasi dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu instrumen investasi yang sudah dikenal sejak dahulu adalah investasi emas.

Berinvestasi emas dianggap memberikan keuntungan yang menjanjikan karena harga emas cenderung meningkat serta minim risiko sehingga cocok dimanfaatkan bagi para pemula dalam berinvestasi.

Berinvestasi emas juga bukanlah hal yang sulit dipahami, karena dapat dijual kapan pun saat harga naik.

Baca juga: Amankah Investasi Emas Digital?

Namun, lebih baik manakah ketika berinvestasi emas antara jangka pendek dengan jangka panjang sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal?

Co-Founder & CMO IndoGold Indra Sjuriah mengatakan, ketika berinvestasi emas, harga emas bersifat fluktuatif karena dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti tingkat suku bunga dan kondisi perekonomian. Meskipun begitu, harga emas membutuhkan jangka waktu yang lama agar naik secara signifikan.

"Jadi ketika Anda berinvestasi emas, disarankan untuk jangka panjang minimal 5 tahun. Namun, saat terjadi resesi, seperti misalnya akibat pandemi saat ini, investasi emas semakin menguat," ujarnya kepada Kompas.com, dikutip Minggu (25/4/2021).

Walaupun demikian, lanjut dia, menabung emas yang telah dilakukan dalam kurun waktu 2 tahun pun, sudah menghasilkan keuntungan yang terbilang besar.

Dia pun menjelaskan, apabila ditengok kembali harga emas pada 10 tahun yang lalu, yakni di 2011, harga emas pernah menembus di angka Rp 500.000 per gram. Maka, kenaikan harga emas hingga baru-baru ini telah mencapai lebih dari 85 persen.

 

Baca juga: Mau Investasi Emas di Tahun Ini? Simak Proyeksi Pergerakan Harganya

"Ini menunjukkan bahwa memang investasi emas cocok untuk digunakan pada kebutuhan jangka panjang, seperti misalnya dana pendidikan atau dana pensiun," ucap dia.

Indra menambahkan bahwa dalam berinvestasi emas juga perlu menetapkan tujuan finansial yang ingin dicapai serta diverfisikasi aset. Portofolio investasi emas disarankan sekitar 10-20 persen dari portofolio investasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com