Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pastikan Kelancaran Telekomunikasi, Telkom Pantau Pemulihan Infrastruktur di Wilayah Terdampak Bencana

Kompas.com - 25/04/2021, 17:07 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memastikan kelancaran komunikasi masyarakat sepanjang Ramadhan dan perayaan Idul Fitri 2021, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menggelar rangkaian kegiatan TelkomGroup Siaga Ramadan Idul Fitri (Rafi).

Tahun ini, TelkomGroup Siaga Rafi mengusung tema “Tetap Terhubung dan Terlindung”. Normalisasi infrastruktur dan layanan telekomunikasi di daerah terdampak bencana alam menjadi salah satu fokus Telkom.

Seperti diketahui, dalam beberapa bulan terakhir sejumlah wilayah di Tanah Air dirundung bencana alam, seperti Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Jawa Timur.

Beberapa wilayah di NTT mengalami banjir bandang. Sementara, Kota Malang, Blitar, dan Lumajang di Jawa Timur terdampak gempa.

Senior Vice President Corporate Communication dan Investor Relations Telkom Ahmad Reza mengatakan, pihaknya segera membenahi infrastruktur yang rusak akibat bencana.

Baca juga: BMKG Ungkap 4 Penyebab Ribuan Rumah Rusak Akibat Gempa Malang

Hal tersebut disampaikan Reza saat berkunjung ke Posko TelkomGroup Siaga Rafi di Surabaya yang bertanggung jawab untuk wilayah Regional V Telkom (Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara).

“Kami memastikan layanan Telkom di wilayah yang terkena bencana, seperti di NTT, Malang, Lumajang, dan Blitar segera kembali pulih,” ucap Reza menurut rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (25/4/2021).

Terkait upaya pemulihan layanan di NTT, lanjut Reza, pihaknya mengaku menghadapi banyak tantangan. Hal ini lantaran wilayah terdampak bencana banjir bandang mengalami kerusakan serius dan medan lokasinya pun berat.

Namun, saat ini, tim teknisi Telkom yang terjun ke lokasi terdampak telah berhasil melakukan sejumlah perbaikan dan penyambungan kabel.

“Kami bersyukur tim teknisi yang berada di garda terdepan mampu mempercepat pemulihan kondisi layanan yang per hari ini dapat dilaporkan sudah mencapai 90 persen. Sedangkan untuk infrastruktur sudah 100 persen normal,” kata Reza.

Baca juga: Keluhan Warga NTT Korban Badai Seroja: 2 Pekan Badai Berlalu Pemda hanya Mondar-mandir Pendataan, Janji Rehab Rumah Tak Kunjung Ditepati

Sementara itu, jaringan infrastruktur telekomunikasi untuk wilayah Malang,Lumajang, dan Blitar yang rusak akibat gempa dilaporkan sudah pulih seperti sediakala.

Tak hanya itu, agar layanan telekomunikasi dalam penanganan musibah tidak terganggu kembali, Telkom juga melakukan pengamanan layanan di wilayah tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Reza mengapresiasi tim teknisi Telkom yang dianggapnya selalu siaga ketika dibutuhkan. Terutama untuk keadaan darurat seperti sekarang.

“Kami berterima kasih atas dedikasi tim teknisi yang bertugas di posko bencana karena perannya sangat penting bagi perusahaan. Semoga langkah kita ini dapat memberikan layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia,” jelas Reza.

Apresiasi bagi tim di posko bencana pun datang dari Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya.

Baca juga: Terkena Dampak Badai Seroja, Petani Rumput Laut Merugi Rp 7 Miliar

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com