Kompas.com - 26/04/2021, 05:03 WIB
Ilustrasi kelola keuangan. ThinkstockIlustrasi kelola keuangan.

JAKARTA, KOPMPAS.com - Tidak terasa bulan Ramadhan sudah akan memasuki pekan ketiga. Umat Muslim di seluruh dunia diperintahkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh lamanya.

Menurut tafsir para Ulama, saum atau puasa diartikan sebagai kegiatan menahan diri dari makan dan minum, serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari untuk meningkatkan kadar ketakwaan seorang Muslim.

Perencana Keuangan Finansialku, Harryka Joddy, CFP® mengungkapkan bahwa sebenarnya makna saum ini erat kaitannya pada konsep perencanaan keuangan.

“Konsep menahan diri harus benar-benar dilakukan agar terjadi sebuah mindful spending pada saat membelanjakan uang,” katanya.

Baca juga: Kenali Bedanya Penasihat Keuangan dan Penasihat Investasi

Lalu, bagaimana mengatur budget keuangan selama Ramadhan? Simak tips berikut ini:

1. Rapikan anggaran bulanan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Permasalahan yang sering kali datang saat Ramadhan ialah tanggal puasa tidak sesuai dengan bulan di Masehi. Sehingga, pengaturan anggaran tidak bisa dilakukan seperti cara-cara sebelumnya.

Perlu diperhatikan dan disesuaikan kembali anggaran keuangan dari tanggal 1-30 bulan Ramadhan dengan periode gajian Anda.

Joddy menjelaskan, agar lebih optimal dalam dalam mengatur budget bulanan, bisa dipisahkan atau di-breakdown ke anggaran mingguan.

2. Siapkan budget untuk Hari Raya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.