Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Diangkat Erick Thohir, Direktur PAL Kuntjoro Pinardi Mengundurkan Diri

Kompas.com - 26/04/2021, 12:31 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuntjoro Pinardi, yang baru saja ditunjuk menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL (Persero), menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya tersebut.

Sebelumnya ia diangkat Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL pada 21 April 2021 melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021. Praktis, ia baru saja 5 hari menjabat.

Pengunduran diri Kuntjoro merupakan buntut dari pernyataan banyak pihak yang tidak sejutu atas penunjukkan dirinya menjadi bagian dari direksi BUMN industri perkapalan itu.

Baca juga: 2 Dirut BUMN PT PAL Berturut-turut Tersandung Korupsi

"Saya tidak ingin keributan ini berlanjut sehingga mengganggu keberlangsungan usaha PT PAL ke depannya. Oleh karena itu, dengan ini saya nyatakan pengunduran diri saya sebagai Direktur Pemeliharaan Dan Perbaikan PT PAL," ungkap Kuntjoro dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/4/2021).

Ia pun berharap, setelah pengunduran dirinya ini segala sesuatunya dapat berjalan dengan baik ke depannya, sehingga berbagai program pembangunan yang direncanakan pemerintah dapat berjalan dengan baik.

"Rencananya soal pengunduran diri ini disampaikan kepada Menteri BUMN Erick Tohir pagi hari ini," kata dia.

Penolakan atas dirinya dikaitkan dengan keterlibatannya sebagai kader PKS.

Baca juga: Sri Mulyani: Alugoro Jadikan Indonesia Satu-satunya Negara di Asia Tenggara yang Mampu Bangun Kapal Selam

Kuntjoro bilang, ia memang pernah menjadi calon legislatif PKS dalam Pemilu 2014 di daerah pemilihan Jawa Tengah. Setelah gagal terpilih, ia pun mundur dari partai PKS dan kembali ke dunia akademis serta bisnis sesuai bidang keahliannya.

“Bagi saya pribadi, tudingan bahwa saya pendukung ISIS dan HTI sama sekali tidak bisa saya terima," tegasnya terhadap adanya anggapan bahwa PKS sebagai pendukung radikalisme HTI dan ISIS.

Padahal, lanjut Kuntjoro, sebelum penunjukkan ini, ia sepenuhnya bekerja sebagai dosen yang di antaranya mengajar mata kuliah Data Communication. Ia diketahui telah menjadi dosen titak tetap di International University Liaison Indonesia (IULI) sejak 2016 hingga saat ini.

Baca juga: Blusukan ke Kapal Selam Made in Surabaya, Jokowi: Wah, Canggih!

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com