Riset ShopeePay: Masyarakat Makin Banyak Gunakan Pembayaran Digital untuk Beri THR

Kompas.com - 26/04/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi fintech. ShutterstockIlustrasi fintech.

JAKARTA, KOMPAS.com - Riset ShopeePay bersama dengan Jakpat Mobile Survey tahun 2021 menemukan berbagai preferensi dan prioritas masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar untuk bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Riset dengan ShopeePay menunjukkan bagaimana pembayaran digital telah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat masa kini, di tengah pandemi Covid-19.

Misalkan saja, tradisi pemberian THR kepada sanak saudara saat Lebaran yang masih berlanjut, disikapi dengan memanfaatkan metode teknologi, yakni menggunakan alat pembayaran digital.

Baca juga: Besaran Gaji Kurir Shopee Express 2021 dan Cara Mendaftarnya

Head of Research Jakpat Aska Primardi mengatakan, responden menyukai metode pemberian THR melalui metode transfer via uang digital kepada sanak saudara.

“Antusiasme masyarakat dalam penggunaan uang digital semakin terlihat ketika hasil riset juga menunjukkan 80 persen responden memilih uang digital sebagai metode pembagian THR untuk sanak saudara yang paling mudah, aman, dan nyaman, khususnya di saat pandemi,” ungkap Aska dalam virtual konferensi, Senin (26/4/2021).

Di sisi lain, bulan Ramadan identik untuk berbagi berkah dan kebahagiaan. Riset menyebutkan, 97 persen atau mayoritas responden mengatakan memberikan sedekah merupakan prioritas di bulan suci ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih dari 60 persen responden memilih untuk bersedekah secara online melalui berbagai lembaga terpercaya.

Baca juga: Ramai Berita Keterlambatan Pengiriman Paket karena Buruh Demo, Ini Respons Shopee

 

Tak hanya itu, 94 persen responden tertarik untuk menggunakan uang digital sebagai alat untuk menyalurkan donasi atau sedekah mereka.

Riset juga menemukan sebanyak 80 persen responden memilih uang digital sebagai metode pembayaran yang paling disukai untuk berbelanja kebutuhan Ramadan dan Lebaran. 87 responden juga menyukai promo dalam bentuk potongan harga, dan 67 persen menyukai promo cashback.

“Momen lebaran bisa menjadi peluang untuk mempercepat digitalisasi keuangan. Riset yang kami lakukan menunjukkan pembayaran digital kini menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat, mulai dari kebutuhan belanja sehari-hari, hingga kebutuhan yang lebih spesifik seperti donasi dan bahkan pembagian THR," jelas Aska.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X