Profil Kuntjoro Pinardi, Eks Caleg PKS yang Mundur dari Direktur BUMN PT PAL

Kompas.com - 26/04/2021, 14:41 WIB
Direktur PT PAL Indonesia (Persero) Kuntjoro Pinardi Screenshoot laman PT PAL (Persero)Direktur PT PAL Indonesia (Persero) Kuntjoro Pinardi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Kuntjoro Pinardi mendadak jadi perbincangan publik. Ia baru saja ditunjuk menjadi Direktur PT PAL Indonesia (Persero), sebuah perusahaan negara yang bergerak di industri galangan kapal yang berbasis di Surabaya. 

Belakangan, Kuntjoro Pinardi hanya menjabat sebagai direktur BUMN selama lima hari. Itu karena dirinya langsung menyatakan mengundurkan diri dari jabatan tersebut.

Sebelumnya ia diangkat Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL pada 21 April 2021 melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021. Praktis, jabatannya hanya seumur jagung. 

Pengunduran diri Kuntjoro Pinardi merupakan buntut dari pernyataan banyak pihak yang tidak sejutu atas penunjukkan dirinya menjadi bagian dari direksi BUMN industri perkapalan itu.

Baca juga: Ini Alasan Direktur PAL Mengundurkan Diri Setelah 5 Hari Menjabat

Lalu siapa Kuntjoro Pinardi (profil Kuntjoro Pinardi)?

Kuntjoro Pinardi diketahui merupakan seorang akademisi. Dikutip dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin (26/4/2021), ia tercatat menjabat sebagai dosen tetap di Universitas Lintas Internasional Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di kampus yang juga dikenal dengan nama International University Liaison Indonesia (IULI) itu, Kuntjoro Pinardi mengajar di program studi Teknik Elektro.

IULI sendiri merupakan kampus swasta yang berlokasi di BSD City, Tangerang Selatan.

Beberapa mata kuliah yang diampunya antara lain Industrial Electronics, Electric Machines and Drives, Sensor & Instrumentation Technology, dan Digital Signal Processing.

Baca juga: 7 Raja Properti Paling Tajir di Indonesia

Riwayat pendidikannya pun terbilang panjang. Usai lulus S1 dari Delf University of Technology Belanda (1994), ia kemudian melanjutkan S2 di kampus yang sama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.