Ada Larangan Mudik, Kunjungan ke Mal Diperkirakan Naik 40 Persen Saat Lebaran

Kompas.com - 26/04/2021, 17:06 WIB
Ilustrasi mal ShutterstockIlustrasi mal

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memperkirakan tingkat kunjungan masyarakat ke mal akan meningkat hingga 40 persen pada Lebaran 2021. Ini seiring dengan adanya kebijakan larangan mudik.

Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, larangan mudik dapat menjadi peluang atau kesempatan bagi pusat perbelanjaan di kota-kota besar, khususnya DKI Jakarta untuk mendapatkan peningkatan kunjungan.

Bla larangan mudik benar-benar diberlakukan, maka masyarakat akan berdiam di kota dan berkunjung ke pusat perbelanjaan untuk mengisi liburan di masa Lebaran tahun ini.

"Diperkirakan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada Idul Fitri tahun 2021 ini akan meningkat sekitar 30 persen-40 persen dibandingkan dengan Idul Fitri tahun 2020 lalu," ujar Alphonzus kepada Kompas.com, Senin (26/4/2021).

Ia mengungkapkan, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada saat Lebaran tahun lalu hanya naik sekitar 20 persen dibandingkan hari biasanya. Ini dipengaruhi kondisi Indonesia yang masih beradaptasi dengan serangan pandemi Covid-19.

Baca juga: Bulog Jual Daging Kerbau Mulai Rp 80.000 Per Kilogram secara Online

Kini, seiring dengan masyarakat yang mulai beradaptasi dengan kondisi pandemi dan adanya penerapan protokol kesehatan serta vaksinasi, diperkirakan akan meningkatkan kunjungan ke mal di Lebaran tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tingkat kunjungan dan tingkat penjualan pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan lebih tinggi dari tahun lalu tapi tidak akan terjadi peningkatan yang signifikan," kata dia.

Alphonzus mengatakan, tingkat kunjungan mal akan naik signifikan saat vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum mulai dilaksanakan. Sementara vaksinasi masyarakat umum rencananya baru akan dimulai paling cepat pada kuartal III-2021.

Menurutnya, bila vaksinasi masyarakat umum belum dilaksanakan, maka hampir dapat dipastikan tidak dapat diberlakukan pelonggaran-pelonggaran kebijakan pembatasan pada sektor ini.

"Jadi kunci dalam hal peningkatan kunjungan ke pusat perbelanjaan adalah vaksinasi untuk masyarakat umum," pungkas dia.

Baca juga: Tarif Tol Bandara Soetta Naik Lagi, Ini Rinciannya



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.