Penyaluran KPR Diprediksi akan Bangkit Pada Tahun Ini

Kompas.com - 26/04/2021, 18:36 WIB
Ilustrasi KPR www.shutterstock.comIlustrasi KPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada 2021 diprediksi akan bangkit.

Chief of Retail & SME Business Bank Commonwealth Ivan Jaya menuturkan bangkitnya penyaluran properti ini ditopang oleh berbagai stimulus yang diterapkan oleh pemerintah.

"Kami pun menyadari bahwa sumber pembiayaan utama dalam pembelian properti residensial adalah dengan fasilitas KPR. Data SHPR Bank Indonesia Triwulan IV tahun 2020 mencatat bahwa 75,31 persen pembiayaan berasal dari fasilitas KPR,” kata Ivan dalam keterangan resminya, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Karyawan Kontrak dan Outsourcing Bisa Dapat KPR Murah, Ini Syaratnya

Untuk itu, perbankan juga akan menyediakan berbagai program untuk memudahkan masyarakat dapat memiliki rumah dengan fasilitas KPR.

Di sisi lain, penyaluran kredit di tengah suku bunga rendah saat ini juga dapat mendorong sektor properti makin bergeliat.

Sementara itu, Bank Commonwealth meluncurkan program Mortgage Fixed Rate dengan tawaran bunga 4,99 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, berdasarkan Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia, pertumbuhan penjualan properti residensial mengalami kontraksi cukup mendalam pada triwulan III tahun 2020 yakni -30,93 persen year on year (YoY).

Pada triwulan IV tahun 2020, pertumbuhan penjualan properti residensial tercatat membaik
meskipun masih terkontraksi sebesar -20,59 persen.

Baca juga: Kalkulator Simulasi KPR di 4 Bank BUMN

Pemerintah pun mengeluarkan stimulus untuk mendorong pertumbuhan sektor properti di tengah pandemi ini seperti insentif dengan membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk pembelian rumah dengan harga di bawah Rp 1 miliar dan pemotongan 50 persen PPN untuk rumah di kisaran harga Rp 2 miliar-Rp 5 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.