Penerimaan Negara dari Hulu Migas Capai 45 Persen di Kuartal I-2021

Kompas.com - 26/04/2021, 21:19 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga mintah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) mulai terkerek seiring dengan membaiknya harga minyak dunia. Hal ini pun berdampak pada penerimaan negara,

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi mencatat, realisasi rata-rata ICP mencapai 59 dollar AS per barel pada kuartal I-2021 . Capaian ini lebih tinggi dari asumsi APBN 2021 yang sebesar 45 dollar AS per barel.

"Ke depannya diharapkan akan lebih stabil kondisi harga minyak dunia yang saat ini membaik," kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam konferensi pers virtual, Senin (26/4/2021).

Baca juga: SKK Migas Sebut Ada 100 Anjungan Migas Lepas Pantai yang Sudah Tak Beroperasi

Peningatakan harga tersebut berpengaruh membuat penerimaan negara dari sektor ini melonjak.

Realisasi penerimaan negara sepanjang Januari-Maret 2021 sebesar 3,29 miliar dollar AS atau sudah mencapai 45,2 persen dari target APBN tahun ini yang sebesar 7,28 miliar dollar AS.

Bila harga minyak dunia sepanjang tahun ini bisa meningkat atau terjaga stabil, SKK Migas optimistis target penerimaan negara dari hulu migas di akhir tahun tidak terjadi perubahan menurun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain harga minyak, penerimaan negara yang naik juga dipengaruhi adanya efisiensi biaya. Ini terlihat dari total biaya yang sebesar 11,88 dollar AS per barel setara minyak (BOE), lebih rendah dibandingkan kuartal I-2020 yang sebesar 14,21 dollar AS per boe.

"Jadi penerimaan negara dipengaruhi dua hal yakni peningkatan harga minyak dan efisiensi biaya di cost recovery, sehingga penerimaan negara bisa jauh di atas ekspektasi," kata Dwi.

Di sisi lain, realisasi investasi hulu migas di tiga bulan pertama 2021 mencapai 2,40 miliar dollar AS atau 19,4 persen dari target tahun ini yang sebesar 12,38 miliar dollar AS.

Baca juga: Produksi Minyak Blok Cepu Diprediksi Terus Menurun, Ini Langkah yang Diambil SKK Migas

Dwi bilang, pihaknya akan terus mendorong perusahaan hulu migas untuk menggenjot investasinya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.