Kompas.com - 27/04/2021, 04:11 WIB
Suasana Matahari Department Store di Pasaraya Manggarai, Jakarta, Selasa (19/9/2017). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOSuasana Matahari Department Store di Pasaraya Manggarai, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Daya beli masyarakat belum sepenuhnya membaik. Kondisi ini tercermin dari apa yang bakal dilakukan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) tahun ini.

Perusahaan memang mendirikan satu gerai baru di Balikpapan bulan ini. Tetapi, Pada saat yang bersamaan, LPPF membuat daftar 23 gerai yang masuk dalam pantauan perusahaan lantaran operasionalnya justru membatasi kinerja keuangan LPPF.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar gerai bakal ditutup.

"Kami akan menutup 13 gerai tahun ini," ujar Niraj Jain, Chief Financial Officer (CFO) PT Matahari Department Store Tbk, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Dihantam Covid-19, Matahari Terpaksa Tutup Toko dan Rugi Rp 617 Miliar

Selain itu, perusahaan juga bakal mencermati kinerja 10 gerai lainnya. Tidak menutup kemungkinan, 10 gerai tersebut juga bakal ditutup jika kurang menghasilkan.

Dia mengatakan, bisnis selama kuartal pertama tahun ini masih terdampak pembatasan sosial berskala besar. Kondisi kian berat setelah pemerintah juga mengambil kebijakan pengetatan pergerakan masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hingga saat ini,LPPF memiliki 147 gerai. Jumah ini termasuk 23 gerai yang bakal dan kemungkinan bakal ditutup.

Analis Ciptadana Sekuritas Robert Sebastian menilai, efisiensi yang bakal dilakukan bakal membuat biaya operasional LPPF menjadi lebih ringan. Sepanjang tahun lalu, rasio biaya operasional dengan penjualan mencapai 71,4 persen.

"Tahun ini kami perkirakan angkanya turun menjadi 54,3 persen," ujarnya dalam riset.

Baca juga: Laba Bersih Matahari Department Store Turun Lebih dari 20 Persen

Asal tahu saja, biaya operasional LPPF kuartal pertama tahun ini sebesar Rp 678 miliar. Biaya ini turun sekitar 22,8 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, Rp 878 miliar.

Dengan efisiensi yang dilakukan LPPF, Robert memperkirakan pendapatan tahun ini naik 30 persen secara tahunan menjadi Rp 6,29 triliun.

LPPF juga diperkirakan kembali mencetak laba bersih Rp 61,8 miliar dari sebelumnya mengalami kerugian tahun lalu. (Dityasa H. Forddanta)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Matahari Department Store (LPPF) bakal menutup 13 gerai tahun ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.