Kompas.com - 27/04/2021, 06:09 WIB
Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir Iwan SupriyatnaDirektur Utama PT Adaro Energy Tbk, Garibaldi Thohir

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adaro Energy Tbk (ADRO) akan membagikan dividen sebesar 146,8 juta dollar AS atas laba bersih tahun buku 2020. Hal ini telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Adaro Energy Garibaldi Thohir mengatakan, perseroan berkomitmen untuk memberikan pengembalian pemegang saham dengan membagikan dividen tunai secara berkala.

"Sebesar 146,8 juta dollar AS dari laba akan digunakan untuk membayar dividen tunai," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Cerita Boy Thohir, Bos Adaro yang Pernah Masuk ICU 11 Hari karena Covid-19

Dividen emiten yang bergerak di sektor pertambangan batu bara itu, setara dengan 99 persen dari dari total laba bersih perseroan di 2020 yang sebesar 147 juta dollar AS. Sementara sisanya, sekitar 110.800 dollar AS akan dialokasikan sebagai laba ditahan.

Garibaldi mengatakan, pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi industri batu bara sepanjang tahun lalu dan menyebabkan penurunan signifikan terhadap permintaan maupun harga batu bara.

Di masa pandemi, lanjutnya, perseroan pun memprioritaskan kesehatan dan keselamatan para karyawan. Serta berupaya meminimalkan dampak pandemi terhadap aktivitas operasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami berhasil mencapai panduan dan mempertahankan marjin yang sehat, melalui fokus yang berkesinambungan pada keunggulan operasi dan pengendalian biaya," kata pria yang akrab disapa Boy Thohir itu.

Ia meyakini, prospek yang lebih positif untuk sektor pertambahan pada 2021. Kendati demikian, perseroan akan terus berfokus untuk meningkatkan keunggulan operasional, pengendalian biaya dan efisiensi dalam rangka mengatasi volatilitas industri.

Baca juga: XL Axiata Tebar Dividen Rp 339,4 Miliar

Adapun dalam RUPST tersebut, pemegang saham juga menyetujui untuk menunjuk kembali seluruh anggota direksi perseroan dalam periode lima tahun berikutnya, yakni:

Presiden Direktur: Garibaldi Thohir
Wakil Presiden Direktur: Christian Ariano Rachmat
Direktur: Chia Ah Hoo
Direktur: M. Syah Indra Aman
Direktur: Julius Aslan

Baca juga: Adaro Energy Jajaki Lini Bisnis ke Sektor Energi Hijau

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.