Ada Proyek MRT, Tugu Jam Thamrin Bakal Direlokasi Sementara

Kompas.com - 27/04/2021, 14:10 WIB
Suasana Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (25/3/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOSuasana Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (25/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan, pembangunan koridor MRT Jakarta Fase 2A rute Bundaran HI - Kota Tua sangat bersentuhan dengan banyak objek cagar budaya.

Salah satunya Tugu Jam Thamrin yang berada di perempatan Jalan M.H. Thamrin dan Kebon Sirih. Tugu jam ini pun akan direlokasi sementara.

"Jadi memang sebagai akibat pembangunan, tugu jam ini perlu direlokasi sementara selama masa pembangunan dari Stasiun Thamrin tersebut," ujar Silvia dalam konferensi pers virtual, Selasa (27/4/2021).

Ia menjelaskan, relokasi cagar budaya tersebut akan dilakukan dengan membaginya menjadi tiga bagian. Pertama, bagian puncak atau rumah jam.

Baca juga: Ada Pemegang Polis Tolak Skema Restrukturisasi, ini Respons Jiwasraya

Kedua merupakan badan tugu yang memiliki kanopi dan ketiga adalah bagian kaki atau lokasi yang saat ini berfungsi sebagai pos polisi.

Silvia memastikan, pemotongan tersebut sudah mempertimbangkan sisi arkeologi dan kekuatan struktur dari tugu jam itu sendiri, yang kajiannya telah dilakukan oleh ahli arkeolog dan ahli struktur Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia bilang, MRT Jakarta telah melakukan pemeriksaan pada Tugu Jam Thamrin sejak Maret 2020. Pemeriksaan meliputi detail konstruksi serta material pada kanopi, dinding, perangkat mesin jam, dan kondisi lingkungan sekitar tugu jam.

Rencananya relokasi Tugu Jam Thamrin ini akan dilakukan pada Mei 2021 dan disimpan sementara di kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Proses pemindahan tugu jam ini akan diberikan penahan baja untuk kestabilan struktur selama disimpan," kata Silvia.

Baca juga: 5 Tips agar THR Tidak Numpang Lewat



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.