[TREN EDUKASI KOMPASIANA] Tantangan Pembelajaran Tatap Muka | Pemahaman Baru yang Mesti Diajarkan di Sekolah | Mengajak Anak Mencintai Bumi

Kompas.com - 27/04/2021, 15:50 WIB
Sejumlah murid mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di SDN 03 Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (7/4/2021). Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas di 85 sekolah dari jenjang SD hingga SMA mulai 7 April hingga 29 April 2021 dengan kapasitas dalam ruangan maksimum 50 persen dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSejumlah murid mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka di SDN 03 Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (7/4/2021). Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembelajaran tatap muka terbatas di 85 sekolah dari jenjang SD hingga SMA mulai 7 April hingga 29 April 2021 dengan kapasitas dalam ruangan maksimum 50 persen dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

KOMPASIANA---Sudah lebih satu tahun sekolah tidak lagi melaksanakan pembelajaran tatap muka secara langsung.

Meski sudah mulai beradaptasi, tampaknya pebelajaran daring belum berjalan seefektif mungkin.

Meski pembelajaran tatapmuka maksimal hanya 50 persen dari jumlah siswa, tetapi akan tetap ada opsi pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk menerapkan protokol kesehatan.

Pun kalau sekolah kembali membuka pembelajaran tatap muka, ada orangtua siswa yang masih belum mengizinkan anaknya berangkat ke sekolah.

1. Kelancaran Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Tangan Satgas Covid!

Kompasianer Yuli Anita menceritakan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di Malang sejak Senin tanggal 19 April 2021.

Dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas tersebut, tulisnya, banyak hal yang harus diperhatikan: siswa yang masuk adalah 50%, jaga jarak minimal 1,5 meter, dan selalu melaksanakan protokol kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Intinya kita tidak bisa melakukan pembelajaran seperti kebiasaan di era sebelum pandemi. Banyak kebiasaan baru harus dilaksanakan," tulis Kompasianer Yuli Anita.

Meski dua hari sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka SOP sudah dibagiakan via grup siswa dan orang tua, setiap hari pihak sekolah mengingatkan siswa lewat grup whatsapp supaya jangan sampai lupa membawa masker dan faceshield saat ke sekolah. (Baca selegkapnya)

2. Hal-hal Penting yang Seharusnya Diajarkan di Sekolah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.