Permudah Penerbangan, AP II Siapkan Teknologi Pengenal Wajah

Kompas.com - 27/04/2021, 20:39 WIB
Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPenumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II tengah menyiapkan teknologi pengenalan wajah (face recognition) untuk mempermudah proses keberangkatan dan kedatangan penumpang.

Fitur pengenalan wajah ini akan menjadi bagian dari aplikasi travelin, platform mobile yang dikembangkan untuk digunakan bagi pengunjung dan pekerja di bandara. Aplikasi sebelumnya bernama INAirport.

"Aplikasi travelin ini akan menghadirkan layanan terintegrasi antarseluruh stakeholders untuk memberikan seamless journey experience," ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Update Daftar Bandara AP II yang Buka Layanan Tes GeNose C19

Ia mengungkapkan, ada beberapa fitur yang akan dikembangkan pada aplikasi travelin, diantaranya adalah Airport Single Identity (Airport ID). Fitur ini bertujuan agar pengunjung bisa mengakses lebih mudah dan cepat berbagai layanan bandara AP II.

"Seperti misalnya layanan keberangkatan dan kedatangan, layanan terkait penerbangan, layanan di area transportation, travel, tourism (3T), hingga layanan pihak ketiga seperti hotel, transportasi publik dan kesehatan." jelas Awaluddin.

Melalui Airport ID, kata dia, AP II dapat lebih mengenal pelanggan dengan konsep know your customer (KYC) untuk menjamin kelancaran proses di bandara (seamless experience), meningkatkan aspek keamanan, dan memberikan layanan yang lebih personal (personalized services).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chief Project Business Digital Airport AP II Wahyu Cahyadi menambahkan, fitur lain yang akan ada pada aplikasi travelin adalah pengenalan wajah.

Tujuannya untuk mengetahui data-data penerbangan pemilik akun, sehingga mempermudah proses keberangkatan-kedatangan yang bersangkutan.

“Kami tengah merintis untuk menjadikan aplikasi travelin ini, istilahnya, penumpang pesawat itu cukup membawa wajah saja ke bandara untuk dapat melakukan perjalanan dengan pesawat,” jelasnya.

Baca juga: Buka Peluang Bisnis, Angkasa Pura II Cari Pengelola Tunggal Iklan Outdoor

Meski demikian, lanjut dia, rencana pengembangan fitur pengenalan wajah ini tentunya membutuhkan kolaborasi penuh dengan stakeholder terkait, terutama terkait dengan data.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X