Hingga Maret 2021, Bank Mandiri Sudah Restrukturisasi Kredit Rp 124,2 Triliun

Kompas.com - 28/04/2021, 05:31 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. kode bank mandiri (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri. kode bank mandiri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melaporkan, hingga kuartal I-2021 telah merestrukturisasi kredit sebesar Rp 124,2 triliun dari 547.792 debitur.

Total restrukturisasi itu terdiri dari kredit UMKM sebesar Rp 33,9 triliun dengan jumlah debitur 336.803, dan kredit non UMKM nilainya sebesar Rp 90,3 triliun dengan jumlah debitur 210.989.

Direktur Manajemen Risiko Bank Mandiri Ahmad Siddik Badruddin mengatakan, sebagian nasabah sudah mulai kembali membayarkan cicilan, sehingga baki debet restrukturisasi terus mengalami penyusutan.

Tercatat hingga Maret 2021, baki debet restrukturisasi sebesar Rp 94,5 triliun, yang terdiri dari segmen UMKM sebesar Rp 33,5 triliun dan dari segmen non UMKM sebesar  Rp 61 triliun.

Baca juga: Dua Orang yang Loloskan WNI dari India Bukan Petugas Bandara Soekarno-Hatta

“Dari total portofolio yang ada, sudah ada penurunan restrukturisasi karena debitur sudah mulai mencicil kembali kreditnya,” kata Siddik dalam konferensi pers, Selasa (27/4/2021).

Dari jumlah tersebut, Siddik menambahkan, 11 persen diantaranya atau Rp 10,3 triliun berpotensi tinggi menjadi kredit macet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dalam mengelola kredit restrukturisasi Covid-19 ini, Bank Mandiri membaginya dalam tiga klasifikasi yakni debitur yang low risk, medium risk dan  high risk atau beresiko tinggi,” tuturnya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, bank dengan kode emiten BMRI itu telah melakukan pencadangan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN), sebesar 10 persen dari total baki debet restrukturisasi Covid-19.

“Perusahaan sudah mencadangkan 10 persen dari total baki debet,” ucap Siddik.

Baca juga: Ini Cara Membedakan Pinjol Ilegal dengan yang Legal



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.