Kompas.com - 28/04/2021, 09:31 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021).
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandaga Uno mengungkapkan, dana hibah sektor pariwisata yang masuk dalam anggaran PEN 2021 akan diperluas.

Jumlah dana hibah ditargetkan mencapai Rp 3,7 triliun pada 2021. Sementara di tahun 2020 pemerintah menggelontorkan dana hibah pariwisata sebesar Rp 3,3 triliun.

“Ini kita ajukan meningkat, diperluas jadi angkanya Rp 3,7 triliun. Perluasan dana hibah saat ini statusnya masih berproses pengajuan PEN 2021,” kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Selasa (27/4/2021).

Sandiaga mengatakan, sebagian program PEN 2021 akan diprioritaskan melalui mekanisme penyaluran hibah transfer ke daerah.

Baca juga: BKN Serahkan Hasil Asesmen, Pegawai KPK Segera Jadi ASN?

Di sisi lain, penyaluran dana hibah pariwisata juga akan diperluas sektornya tidak hanya untuk hotel dan restoran, namun juga biro perjalanan.

Sandiaga juga mengatakan, biro perjalanan dapat berkoordinasi dengan pemerintah daerah masing–masing dan asosiasi untuk memperolah dana hibah pariwisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Diperluas penerimanya, bukan hanya hotel dan restoran, tapi juga ke biro perjalanan wisata. Penyaluran hibah melalui mekanisme transfer ke daerah. Nanti teman-teman di daerah akan tentukan biro terdaftar yang akan dapatkan dana hibah sesuai penghasilan yang tercatat,” jelas dia.

Baca juga: Mafia dari Instansi Lain Berkeliaran di Bandara Soekarno-Hatta, Ini Penjelasan AP II



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.