Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Membaik, Krakatau Steel Targetkan Volume Ekspor Naik 15 Persen

Kompas.com - 28/04/2021, 15:27 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) menargetkan pertumbuhan volume ekspor sekitar 15 persen di tahun 2021. Optimisme tersebut hadir seiring dengan pencapaian positif yang diraih KRAS pada kuartal I-2021.

Asal tahu saja, permintaan ekspor KRAS sejak awal 2021 sudah meningkat signifikan. Saat ini, KRAS diketahui telah mendapatkan order ekspor sampai dengan kuartal ketiga mendatang.

Direktur Utama KRAS Silmy Karim mengungkapkan, sejak tahun lalu sebenarnya tren ekspor perusahaan telah menunjukkan respon yang cukup positif.

Baca juga: Bantah Selundupkan Baja Dari China, Bos Krakatau Steel: Tuduhan yang Sangat Tidak Logis

 

Hal ini kemudian berlanjut hingga awal tahun 2021, di mana realisasi ekspor di kuartal pertama ini jauh lebih tinggi dari target yang telah ditetapkan oleh manajemen sebelumnya.

"Untuk ekspor 2020 kinerja nya baik, kemudian tumbuh signifikan di tahun 2021. Realisasi di kuartal I-2021 sekitar 77.000 ton, lebih tinggi 198 persen dari target kami yang sebesar 38,700 ton untuk kuartal pertama," jelas dia saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (26/4/2021) lalu.

Silmy menambahkan, target volume ekspor yang ingin dicapai KRAS di tahun ini sebanyak 157.000 ton atau sekitar 6,65 persen dari total pendapatan. Dengan rinciain, 155.000 ton berasal dari baja lembaran panas dan 2.000 ton sisanya dari pipa baja.

"Ini lebih tinggi 15 persen dari realisasi tahun 2020 sekitar 135.000 ton," ujarnya.

Dengan target yang telah ditetapkannya, Silmy optimistis proyeksi ekspor KRAS di tahun 2021 akan lebih baik dari realisasi di tahun lalu. Lantaran, masih banyak negara-negara pengekspor lain yang kondisinya belum kembali normal dari dampak pandemi korona beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, KRAS juga memiliki rencana untuk memperluas tujuan ekspor mereka di tahun ini. Pabrik Hot Strip Mill (HSM) No. 2 yang tengah dalam tahap penyelesaian. Pabrik tersebut diproyeksikan akan meningkatkan produksi perusahaan sekitar 1,5 juta ton per tahun. Ini bakal semakin membuka lebar kesempatan KRAS untuk menggaet target pasar baru.

"Rencana dalam waktu dekat adalah pasar India," sebut Silmy.

Baca juga: Program PEN, Krakatau Steel Dapat Suntikan Rp 2,2 Triliun dari Pemerintah

Hingga saat ini, KRAS telah memasarkan produknya ke berbagai negara tujuan ekspor, seperti Malaysia, Australia, Portugal, Italia, Spanyol, Belgia, Swiss dan negara Eropa barat lain. Namun demikian, Malaysia masih menjadi penopang ekspor KRAS dengan kontribusi sekitar 74 persen dari total volume ekspor.

"Tradisional market kami saat ini untuk ekspor masih ke negara Malaysia, sekitar 57.000 ton pada kuartal pertama atau sekitar 74 persen dari volume ekspor di periode tersebut. Targetnya 70 persen Malaysia, 28 persen Eropa dan 2 persen ke Australia," pungkas Silmy.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kinerja membaik, Kratau Steel (KRAS) targetkan volume ekspor tumbuh 15% di tahun ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com